Advertisement

Duh, Piranti Tower Internet Dusun Patuk Dipreteli Maling

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 29 April 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Duh, Piranti Tower Internet Dusun Patuk Dipreteli Maling Ilustrasi 5G - knowtechie.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sejumlah alat pemancar sinyal Internet yang terpasang pada menara pemancar milik warga di Dusun Patuk, Desa Patuk, Kecamatan Patuk raib digondol maling pada Sabtu (28/04/2018).

Warga setempat yang juga pengelola tower, Adhi Wibowo, 33, mengatakan hilangnya alat pemancar sinyal tersebut diketahui saat seorang warga lain mengadu perihal gangguan sinyal Internet yang diperkirakan sudah terjadi sejak pukul 01.00 WIB. "Jam 01.00 WIB itu sudah ada gangguan, itu saya di hubungi warga, tapi pas bener-bener koneksi terputus itu pada 04.00 wib," ujarnya kepada Harianjogja.com, Minggu (29/4/2018).

Advertisement

Adhi lantas mengecek bagian software, tapi tidak ada masalah. Kemudian pada pukul 07.00 WIB dia berinisiatif memeriksa tower pemancar yang lokasinya tak jauh dari rumahnya. "Di situ baru saya tahu penyebab gangguan sinyal karena sejumlah alat sudah hilang. Saya lantas lapor ke Polsek Patuk," ujarnya.

Adhi menduga pencuri melakukan aksinya antara pukul 01.00 WIB hingga 03.00 WIB. Pasalnya, untuk mencopot sejumlah alat tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sedangkan total kerugian akibat aksi pencuri itu, dia memperkirakan mencapai Rp25 juta. "Buat nyopot alat yang jumlahnya tidak sedikit itu paling enggak ya butuh waktu satu sampai dua jam, jadi kalau lebih dari jam itu kemungkinan kan sudah terang, dan banyak yang mulai beraktivitas," katanya.

Adhi juga sudah bertanya ke salah satu warga yang rumahnya paling dekat dengan tower tersebut. Menurut jawaban si pemilik rumah yakni Jumono pada pukul 04.00 WIB tidak ada aktivitas manusia. "Pak Jumono itu jam 04.00 wib subuh sudah bangun, katanya enggak ada orang di sekitar tower, jadi kemungkinan pelaku nyuri jam 01.00 WIB itu bisa aja bener," ujar Adhi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement