Advertisement

Anomali Cuaca Juga Bisa Picu Tanah Longsor

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 28 April 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Anomali Cuaca Juga Bisa Picu Tanah Longsor Ilustrasi cuaca. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Selain kerusakan rumah dan pohon yang bertumbangan, potensi bencana akibat anomali cuaca juga meliputi tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, dari pengamatan BPBD Gunungkidul, beberapa kecamatan yakni Pathuk, Gedangsari, Semin, Ponjong dan Ngawen rawan terjadi longsor. “Untuk kecamatan lainnya tetap memiliki potensi tapi tidak sebesar wilayah yang telah disebutkan tadi,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Jumat (27/4/2018).

Advertisement

Edy menjelaskan lima kecamatan yang rawan tanah longsor itu dikarenakan lokasinya di perbukitan. hal itu menyebabkan wilayah tersebut jauh lebih rawan longsor dibanding wilayah lain.”Di sana memang rawan longsor, beberapa kali seperti di Pathuk itu longsor karena hujan,” jelasnya.  

Atas hal itu, lanjutnya, BPBD berupaya memaksimalkan koordinasi dengan seluruh elemen, baik antar petugas maupun masyarakat. "Kita komunikasikan ke forum Destana, perkuat komunikasi antara relawan untuk mewaspadai bencana karena akibat cuaca seperti ini," jelasnya

Sementara itu Camat Pathuk Haryo Ambar Suwardi mengatakan, wilayah Pathuk khususnya di bagian utara memang rawan longsor. Adapun titik longsor tersebut terdapat di desa Pengkok dan Legi.

“Sebenarnya merata hampir di seluruh pathuk, tapi memang dua wilayah ini yang paling rawan,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Haryo pihaknya telah lakukan berbagai upaya yakni kerjasama dengan berbagai forum siaga bencana. Hal ini guna mengantisipasi adanya bencana, baik itu longsor maupun bencana lainnya. “Kami bekerja sama dengan berbagai forum siaga bencana, selain itu seluruh warga di seluruh desa di Pathuk juga telah dilatih untuk menghadapi jikalau ada bencana,” paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement