Advertisement

Mantan Santri di Sleman Diduga Bakar Alquran Milik Ponpes

Irwan A Syambudi
Selasa, 01 Mei 2018 - 17:21 WIB
Bhekti Suryani
Mantan Santri di Sleman Diduga Bakar Alquran Milik Ponpes Loksi aksi pembakaran yang dilakukan seorang mantan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Baitus Salaam, Wukirsari, Cangkringan, Selasa (1/5/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Aksi pembakaran dilakukan seorang pria mantan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Baitus Salaam, Wukirsari, Cangkringan. Senin (30/4/2018). Pelaku melakukan aksi pembakaran mulai dari kasur, bambu, dan diduga beberapa kitab suci Alquran serta Kitab Kuning yang ada di Ponpes.

Pria yang diamankan polisi atas aksinya itu bernama Bonaji, 46, warga Dusun Pusmalang, Wukirsari, Cangkringan. Pria yang sehari-hari menjadi buruh itu melakukan aksi pengrusakan dan pembakaran di Ponpes pada Senin malam.

Advertisement

Hal itu dibenarkan oleh salah satu pengurus pesantren, Muhammad Jarirudin. “Kejadiannya Senin malam sekitar pukul 22.30 WIB. Tapi maaf tidak bisa berkomentar banyak, lebih baik langsung ke pihak berwajib saja,” kata dia, Selasa (1/5/2018).

Sementara itu salah seorang pengajar TPA Ponpes Baitus Salaam, Winarti mengatakan pelaku sudah berada di ponpes sejak tiga bulan lalu. Awalnya, kedatangan pelaku untuk membantu renovasi bangunan. Selain itu, kesehariannya, pelaku juga kerap membantu di sawah dan mengurus ternak milik ponpes.

Namun memang dia mengakui mengetahui adanya sikap aneh ditunjukan oleh pelaku yang kerap disapa Aji ini. Dalam beberapa kesempatan, Aji kerap berbicara sendiri. Sempat pula berbicara dengan tembok yang berhadapan dengan kamar pelaku. Meski begitu pelaku tetap bisa diajak berkomunikasi.

“Dulu sekitar 10 tahun lalu pernah nyantri di sini. Keseharian, sering bertegur sapa tapi tidak menyangka sampai kejadian seperti ini. Saat kejadian saya diberitahu Gus Jarir [Jarirudin], kalau Mas Aji mengamuk dan bakar-bakar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement