Advertisement

Ada Lomba Foto di Festival Apeman Malioboro

I Ketut Sawitra Mustika
Kamis, 03 Mei 2018 - 17:20 WIB
Arief Junianto
Ada Lomba Foto di Festival Apeman Malioboro Ilustrasi tradisi masyarakat. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pariwisata (Dispar) DIY menggelar lomba Photo Contest Pra Event Festival Apeman Malioboro dengan tema Etnical Sadranan. Lomba ini diikuti oleh 150 peserta dan punya tujuan mempromosikan kegiatan pariwisata di DIY. Masih dengan maksud yang sama, digelar pula lomba masak dan display apam.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar DIY Imam Pratanadi mengatakan DIY kekurangan atraksi wisata yang bisa menambah lama tinggal turis. Padahal ada beragam kegiatan yang potensial jadi tontonan wisatawan, salah satunya adalah Festival Apeman Malioboro.

Advertisement

"Peristiwa ini [Festival Apeman Malioboro] bisa dipromosikan lebih luas. Supaya tidak mengganggu acara, kami selenggarakan foto contest dan lomba masak apem. Juga ada atraksi dari chef yang tergabung dalam ICA [Indonesian Chef Association]," jelas Imam saat jumpa pers di Tourist Information Center (TIC) Malioboro, Kamis (3/5/2018).

Festival Apeman Malioboro adalah kegiatan yang rutin diselenggarakan sejak beberapa tahun terakhir. Festival ini dilaksanakan untuk menyambut datangnya Ramadan. Makna kegiatan ini, utamanya pembuatan apam, dalam alam pikiran masyarakat berarti permintaan maaf.

Biasanya festival ini juga dibarengi dengan kenduri sebagai bentuk penyucian diri sebelum memasuki bulan puasa. Imam melanjutkan, karena itulah lomba mengambil tema Etnical Sadranan. Sebab dalam sadranan masyarakat akan mendatangi makan leluhur dan berdoa. Biasanya dalam ritual itu dibagikan apam.

"Maknanya agar manusia bisa saling memaafkan. Masuk ke Ramadan sudah dalam keadaan bersih."

Lomba foto ini sendiri diikuti 150 peserta. Jumlah foto yang terkumpul sebanyak 400. Penjurian telah dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2018. Kemudian panitia menyeleksi 40 nominasi foto terbaik. Nantinya akan dipilih enam foto terbaik.

Pengumuman pemenang akan diselenggarakan pada 6 Mei 2018, atau berbarengan dengan lomba masak dan display apaman. Acara ini akan diselenggarakan di Pedestrian Malioboro, tepatnya depan Hotel Grand Inna Malioboro dan DPRD DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement