Advertisement

Keren, Siswa SMPN 5 Jogja Juara Olimpiade Matematika

I Ketut Sawitra Mustika
Senin, 07 Mei 2018 - 08:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Keren, Siswa SMPN 5 Jogja Juara Olimpiade Matematika Para juara Olimpiade Matematika. - Ist/Dok Panitia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-SMK Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Jogja kembali mengadakan Olimpiade Matematika tingkat SMP/MTs se-DIY, Sabtu (5/5/2018).

Lomba, yang sudah digelar untuk kelima kalinya ini, diikuti 122 peserta. Ajang ini juga diikuti siswa dari Purwokerto, Jawa Tengah.

Advertisement

Olimpiade Matematika tingkat SMP/MTs se-DIY SMK SMTI Jogja dimenangkan oleh Rajendra Dharma Setyawan, siswa dari SMPN 5 Jogja. Sementara juara kedua diraih Rafie Amandio Fauzan dari SMPN 8 Jogja. Adapun juara ketiga dibawa pulang Arif Rahman Nurhidayat, siswa SMPN 1 Bantul.

Atas kemenangannya, Rajendra berhak atas piala dan uang sebanyak Rp2 juta rupiah. Kemudian Rafie dapat hadiah uang senilai Rp1,5 juta, sedangkan Arif dapat Rp1 juta. Olimpiade ini juga memberikan hadiah bagi juara harapan satu, dua dan tiga, masing-masing Rp500.000.

Ketua Panitia Olimpiade Matematika tingkat SMP/MTs se-DIY SMK SMTI Jogja Sulistiyo mengatakan, lomba dibagi jadi dua tahap, yakni tes tertulis dan tes panel. Tes tertulis adalah semacam ujian saringan bagi peserta, karena hanya tiga terbaik yang lolos ke tahap selanjutnya, yakni tes panel. Tiga terbaik itulah yang kemudian menjadi juara satu sampai tiga.

Sulistiyo menjelaskan, olimpiade ini diadakan dengan tujuan mencari bakat-bakat unggul di bidang matematika. Pencarian bakat di bidang matematika perlu dilakukan, sebab matematika adalah dasar bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, olimpiade matematika juga digelar dengan maksud promosi sekolah. Sulistiyo menjelaskan, juara satu sampai tiga bisa langsung lolos tes tertulis jika hendak menjadi siswa SMK SMTI Jogja. "Nanti mereka bebas tes tertulis. Tapi masih harus ikut tes fisik, buta warna dan wawancara," katanya melalui sambungan telepon.

Peminat Olimpiade Matematika tingkat SMP/MTs, sambung Sulistiyo, cukup fluktuatif. Kebanyakan peserta berasal dari Bantul dan Sleman. Meskipun, panitia hanya diberi embel-embel se-DIY, ternyata lomba sampai menarik minat sekolah dari luar daerah. Ia mengatakan, tahun ini kejuaraan juga diikuti sekolah dari Purwokerto.

SMK SMTI Jogja sendiri merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Sekolah ini hanya ada satu di Pulau Jawa. SMK SMTI punya tiga jurusan,  yakni kimia industri, kimia analisis dan mekatronika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement