Advertisement

Inspiratif, Pemuda di Sleman Mengisi Hari Partama Puasa dengan Berdonasi Buku

Meigitaria Sanita
Kamis, 17 Mei 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Inspiratif, Pemuda di Sleman Mengisi Hari Partama Puasa dengan Berdonasi Buku Pemilihan buku oleh anggota Komunitas Wargo Wangon yang akan dikirim ke kantor pos. - Harian Jogja/Meigitaria Sanita

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Hari pertama bulan Ramadan 2018 jatuh pada Kamis (17/5/2018). Kesempatan ini digunakan Komunitas Wargo Wangon bersama Pustaka Bintang Merah untuk mengirimkan buku ke berbagai penjuru negeri.

PT Pos Indonesia memang memiliki program setiap tanggal 17 yakni gratis untuk mengirim buku untuk didonasikan ke berbagai TBM (Taman Baca Masyarakat) di seluruh Indonesia.

Advertisement

Hal itulah yang dimanfaatkan oleh Komunitas Wargo Wangon yang berlokasi di Jl. Degolan Kopatan Umbulmartani Ngemplak Sleman bersama Pustaka Bintang Merah untuk mengirimkan buku ke berbagai penjuru negeri. Komunitas tersebut telah mengumpulkan sumbangan buku selama dua bulan terakhir.

Kegiatan ini sengaja dipilih untuk mengisi waktu di hari pertama bulan puasa agar bisa berbagi kepada sesama.

"Sudah direncanakan mengirim hari ini. Selain ngabuburit kita juga ingin berbagi kepada sesama. Hal positif di bulan Ramadan bisa dilakukan dengan berbagai cara," ungkap Fadzil, koordinator kegiatan tersebut.

Buku-buku tersebut dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Menariknya, komunitas ini terdiri dari berbagai jenjang usia, mulai dari anak SD hingga SMA. Mereka saling belajar mengenai dunia literasi. Hal tersebut didukung oleh Pustaka Bintang Merah yang merupakan sebuah komunitas di bidang literasi.

"Ya, dukungan kami sebenarnya tidak banyak, hanya menyediakan tempat untuk basecamp dan motivasi saja," ungkap Imin selaku pengelola Pustaka Bintang Merah.

Dia juga menambahkan hari pertama Ramadan memang memiliki euforia yang berbeda maka dari itu untuk mengelola energi positif bisa dilakukan dengan cara berdonasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement