Pocari Sweat Ajak Warga Jogja Sahur Bersama

Para pecinta sepakbola berfoto bersama saat menyudahi acara Sahur Bersama sekaligus nonton bareng final liga champions di halaman Kantor Harian Jogja di Jalan AM. Sangaji, Jogja, Minggu (27/05/2018) dini hari. - Harian Jogja/Desi Suryanto
28 Mei 2018 14:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA -PT Amerta Indah Otsuka, selaku produsen Pocari Sweat, menggelar acara sahur bersama dengan media dan komunitas. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 17 kota berbeda, Minggu (27/5/2018).

Untuk di Kota Jogja, media yang digandeng adalah Harian Jogja. Gelaran ini bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih asupan yang benar saat puasa.

Brand Communication Executive Yogyakarta PT. Amerta Indah Otsuka Mila Rahmadhania mengatakan, menu sahur ideal haruslah memperhatikan komposisi makan dan minum yang sehat dan tepat. Menu makan mesti memperhatikan protein dan serat. Makanan digoreng, bersantan dan pedas sebisa mungkin dihindari. "Makanan pedas meningkatkan rasa haus," katanya.

Panitia acara Sahur Bersama Media dan Komunitas menyediakan menu makan sahur berupa nasi gudeg, telur bulat, daging ayam, krecek dan tentunya Pocari Sweat bagi para hadirin. Pocari Sweat adalah salah satu minuman pengganti ION tubuh paling terkemuka di Indonesia.

Selain memilih menu makan yang sehat, pemilihan hidrasi, ujar Mila, juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, 60% dari tubuh manusia merupakan cairan tubuh. Oleh karenanya, sahur adalah momen penting untuk menyimpang cadangan cairan selama puasa.

Poin penting tersebut seringkali terlewatkan dengan kesalahan pemilihan minuman saat sahur. Kebanyakan orang, ungkap Mila, masih suka mengonsumsi teh dan kopi saat sahur, padahal kedua minuman itu bersifat deuretik.

"Unsur deuretik ini mempercepat pengeluaran cairan, jadi sering kencing, sehingga tubuh rentan mengalami dehidrasi. Hal inilah yang mengakibatkan saat puasa tubuh merasa lemas, kurang konsentrasi atau bahkan mengakibatkan sakit kepala," terang Mila.

Minuman yang tepat untuk sahur, imbuhnya, adalah minuman yang mengandung ION, karena tubuh manusia bukan hanya terdiri dari air, tapi juga ION. Itulah mengapa minum air putih tidak cukup pada saat sahur.

Acara Sahur Bersama Media dan Komunitas di Kota Jogja diselenggarakan di Halaman Griya Harian Jogja. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan stand up comedy, tausiyah bersama Ustad Nizam setelah salat subuh berjemaah.