Advertisement

Akhir Tahun, Kotabaru Bakal Tampil dengan Wajah Baru

Salsabila Annisa Azmi
Kamis, 02 Agustus 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Akhir Tahun, Kotabaru Bakal Tampil dengan Wajah Baru Sejumlah pekerja memasang beton jalan pada tepi trotoar yang akan dijadikan kawasan pedestrian di Jalan Suroto Kotabaru, Jogja, Senin (23/7/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pengerjaan proyek revitalisasi Jalan Suroto menjadi kawasan pedestrian akan dipercepat sebelum target yang ditetapkan yaitu 23 Desember 2018. Diharapkan pada awal Bulan Desember seluruh pekerjaan utama sudah selesai agar tidak menambah kemacetan libur natal dan tahun baru.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja Umi Akhsanti mengatakan diusahakan pengecoran pedestrian di awal Desember sampai pada tahap pelapisan keramik. Oleh karena itu proses pembuatan saluran air pun akan dipercepat.

Advertisement

"Cornya juga tidak buat di tempat, tapi produksi dari pabrik vendor. Sekarang sebenarnya produksi di pabrik sedang melambat, tapi kami usahakan awal Desember tinggal pelapisan keramik jadi tidak membuat macet akhir tahun," kata Umi, Rabu (1/8/2018).

Umi mengatakan saat ini tahap pertama proyek telah rampung. Seluruh tiang telepon telah digeser menjauhi trotoar. "Kami juga sudah mulai proses penggalian saluran air di sisi barat, dari depan SMAN 3 sampai ke sekitar hotel yang baru dibangun," kata Umi, Rabu (1/8/2018).

Umi menambahkan, pada sisi timur sudah dimulai pemasangan kavling untuk proses pembuatan lubang saluran air. Pengerjaan lubang saluran air di sisi timur akan dilakukan secara bertahap untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan karena pengerjaan proyek.

Sementara untuk pemasangan tiang listrik PLN yang baru, Umi mengatakan, akan diusahakan dimulai pada minggu depan. "Akan didirikan tiang baru dulu. Kalau sudah baru kita pindahkan aliran listrik dari tiang lama ke tiang baru. Setelah itu kita baru robohkan tiang listrik yang lama," kata Umi.

Kepala DPUPKP Kota Jogja Agus Tri Haryono mengatakan selama proyek dilakukan, Pemkot Jogja tidak akan menutup jalan tersebut. Meski begitu, pengguna kendaraan bermotor diminta untuk memahami kondisi lalu lintas di kawasan tersebut. Begitu pula dengan pemilik usaha di sepanjang Jalan Suroto diminta untuk mendukung program revitalisasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement