Keren! Warga Nogotirto Bikin Lukisan 3 Dimensi di Tengah Jalan

Warga berpose di atas lukisan tiga dimensi yang ada di Jalan Perumahan Nogotirto V, RT 5/35, Desa Nogotirto, Gamping, Kamis (2/8/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi
03 Agustus 2018 11:17 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :


Harianjogja.com, SLEMAN--Semarak menyambut peringatan hari kemerdekaan RI ke-73 mulai ditunjukkan warga Perumahan Nogotirto V, RT 5/35, Desa Nogotirto, Gamping. Mereka menghias jalan-jalan perumahan dengan lukisan tiga dimensi (3D).

Salah seorang warga yang memiliki ide membuat lukisan 3D ialah Benno Lintang Abinawa Widagda. Ia mengaku mengajak warga untuk melukis jalan di sekitar perumahan agar terlihat lebih indah. Hal ini dilakukan untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan RI ke-73, sekaligus lomba kebersihan antar RT yang digelar di Perumahan Nogotirto V.

Dari situlah ia kemudian mengutarakan idealnya di saat rapat RT untuk membuat hal yang berbeda dan unik. "Kalau cat kan biasa, meski 3D lebih susah tapi lebih menarik dan bisa dilihat dari semua [sisi]," kata pemuda 26 tahun ini saat ditemui wartawan, Kamis (2/8/2018).

Benno mengaku, karena merupakan ide spontan maka tidak ada tema yang disiapkan khusus. Pada saat pengerjaannya Sabtu (28/7/2018) dibantu dengan sejumlah waega, berhasil tercipta tujuh lukisan 3D. Masing-masing adalah lukisan permadani terbang, sumur, zebra cross, perahu, kubik, sungai, dan tulisan RT 05.

Lanjutnya lagi dalam membuat lukisan 3D, ia menghabiskan dana Rp2 juta. Dana yang diperoleh dari kas RT ini dibelikan cat sebanyak 20 kaleng yang ukurannya satu kilogram. "Sabtu nanti rencananya akan menambah tiga lukisan lagi," ujarnya.

Sementara itu adanya lukisan 3D juga menarik warga lain untuk melihat dan berswafoto. Salah seorang warga yang berasal dari perumahan lain, Masri Mansur mengaku tertarik berkunjung setelah mengetahui dari media sosial. Dan saat datang dan melihat langsung ia terkesan. "Penasaran pingin foto. Kalau liat dari temen bagus," katanya.