Advertisement

Sultan Minta Pemuda Ikut Membangun DIY

Ujang Hasanudin
Senin, 17 September 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Sultan Minta Pemuda Ikut Membangun DIY Kepala Dinas Sosial Untung Sukaryadi; Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Asep Sasa Purnama; Psikolog UGM Indria Laksmi Gamayati; dan GKR Bendoro, dalam sarasehan Bulan Bakti Karang Taruna di Lapangan Hibrida, Argomulyo, Sedayu, Minggu (16/9/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan sumbangsih dan peran para pemuda karang taruna untuk sama-sama membangun DIY agar lebih maju dan berkembang dalam menciptakan kesehahteraan masyarakat.

Demikian pesan Sultan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Untung Sukaryadi dalam Apel Siaga dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna DIY di Lapangan Hibrida, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Minggu (16/9/2018).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sultan mengakui persoalan kemiskinan dan kesenjangan di DIY masih menggelayut. "Sehubungan dengan hal itu maka sangatlah diharapkan adanya sumbangsih peran pemuda khususnya Karang Taruna untuk ikut serta memajukan DIY. Para pemuda dituntut saling bekerja sama dan sama-sama bekerja antarunsur untuk membangun DIY agar lebih lebih maju dan berkembang untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat," kata Sultan.

Apel Siaga dalam memperingati Hari Ulang Tahun Karang Taruna ke 58 ini dihadiri Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Asep Sasa Purnama; Wakil Bupati Abdul Halim Muslih, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) DIY dan kabupaten kota. Tidak ketinggalan, tiga putri Sultan juga turut hadir.

Ketiga putri Sultan yang hadir tersebut, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendoro. GKR Condrokirono yang merupakan Ketua Karang Taruna DIY mengatakan apel siaga tersebut merupakan pembuka rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna DIY.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di antaranya adalah penyerahan bantuan kepada warga tidak mampu berupa bedah rumah sebanyak lima unit rumah dan penyerahan paket sembako sebanyak 300 paket, santuan anak yatim dan difabel, bantuan seragam untuk 10 karang taruna desa.

Selain itu juga ada sarasehan dolanan anak di era digital, lomba dolanan anak bagi ibu-ibu sebagai upaya melestarikan permainan tradisional. Karang Taruna juga menggelar ekspos potensi desa yang berlangsung selama 20 hari di Lapangan Hibrida Argomulyo.

Condokirono mengatakan ekpos potensi desa tersebut merupakan program rutin tahunan Karang Taruna Yodha Argomulyo, yang sudah tiga kali dilaksanakan. "Dengan adanya kegiatan gerakan pemuda membangun desa ini diharapkan menambah semarak peringatan Bulan Bakti Karang Taruna tahun ini," kata dia.

Advertisement

Lebih lanjut, Condrokirono mengatakan apa yang disampaikan Ngarso Dalem merupakan tantangan yang bagaimana karang taruna juga perlu berjuang mewujudkan Jogja Istimewa yang sejahtera. Ia berharap karang taruna di setiap desa dapat mengembangkan potensi desanya masing-masing.

Selain itu, karang taruna juga diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Media sosial misalnya, bisa dimanfaatkan untuk memasarkan berbagai produk potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial, Asep Sasa Purnama, mengatakan organisasi karang taruna menjadi model pemberdayaan generasi muda yang dimiliki Indonesia yang akan dipromosikan ke tingkat dunia. Karena itu ia meminta karang taruna empat kriteria.

Advertisement

"Kita merindukan anak muda harus memiliki kriteria aditia atau pintar, cerdas, dan berpendidikan; berkarya atau bekerja; setelah menghasilkan pendidikan dan kerja maka harus bijaksana dan berbagai; kemudian harus jadi orang yang cinta bangsa atau pejuang bangsa," papar Asep.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement