Advertisement

Terus Terjadi Lava Pijar, Sebesar Ini Volume Kubah Lava Merapi Sekarang

Irwan A Syambudi
Jum'at, 28 September 2018 - 11:50 WIB
Bhekti Suryani
Terus Terjadi Lava Pijar, Sebesar Ini Volume Kubah Lava Merapi Sekarang Hanik Humaida, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) saat ditemui di kantornya, Kamis (27/9/2018). - Harian Johja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kubah lava Gunung Merapi masih tumbuh dengan terjadi guguran lava pijar. Namun hingga kini volume kubah lava Merapi masih sangat kecil dibandingkan erupsi magmatik pada 2006.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG) DIY, Hanik Humaida mengatakan saat ini kubah lava Merapi miliki rata tinggi 100-150 meter dan lebar 400 meter. Dengan ukuran seperti kubah lava itu diperkirakan dapat menampung sebanyak 10 juta meter kubik material erupsi, termasuk lava pijar.

Advertisement

Pantauan terkahir pada Minggu (23/9/2018) lalu kubah lava terpantau dengan volume 123.000 meter kubik. Jumlah itu sangata Jauh jika dibandingkan dengan volume kubah lava erupsi 2006 silam, yaitu mencapai 5 juta meter kubik. "Pertumbuhan kubah lava per hari [pada erupsi magmatik saat ini] juga rata-rata kisaran 3.000 meter kubik. Sementara pada erupsi 2006 silam bisa mencapai 20.000 meter kubik per hari," kata dia, Kamis (27/9/2018).

Dengan volume yang relatif kecil itu, setiap guguran lava pijar masih tertampung di dalam kubah lava. Dan memang guguran lava pijar saat ini masuk ke dalam kawah, sehingga belum ada ancaman terhadap masyarakat sampai saat ini.

Menurutnya lava pijar baru akan mengancam penduduk ketika nantinya terjadi secara terus-menerus dengan intensitas tinggi. Serta volume yang lebih banyak dan sejauh mana meluncurnya. "Sekarang [lava pijar] masih kecil," kata Hanik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement