Dari 5 Komisioner Baru di KPU Gunungkidul, 3 di Antaranya Wajah Baru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul melakukan sosialisasi terkait kampanye, di hotel Cykaraya, Wonosari, Sabtu (15/9/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
24 Oktober 2018 23:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Komisioner KPU Gunungkidul yang baru telah ditetapkan oleh KPU RI. Untuk masa jabatan 2018-2023, dari kelima komisioner, tiga di antaranya merupakan wajah baru.

Tiga nama baru anggota KPU Gunungkidul antara lain Rohmad Qomarudin, Supami dan Asih Nuryanti. Sementara itu, dua komisioner lama yang bertahan adalah Ahmadi Ruslan Hani dan Andang Nugroho.

Anggota KPU DIY, M Zaenuri Ikhsan mengatakan, anggota KPU terpilih sudah ditetapkan secara bersama-sama, meliputi Gunungkidul, Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Kota Jogja. Pelantikan dilaksanakan di Jakarta, Rabu (24/10/2018) pukul 20.00 WIB.

Dia menjelaskan, untuk anggota di Gunungkidul didominasi wajah baru. Dari lima yang terpilih, tiga di antaranya merupakan orang baru. “Hanya dua komisoner lama yang masih bertahan,” kata Ikhsan, kemarin.

Menurut dia, sesuai dengan periode jabatan yang telah ditentukan, anggota KPU ini akan bertugas selama lima tahun hingga 2023 mendatang. “Semoga para anggota yang telah terpilih dapat dengan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” ungkap mantan Ketua KPU Gunungkidul ini.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Anggota KPU Gunungkidul Andang Nugroho. Menurut dia, pada Rabu kemarin, seluruh anggota baru diundang ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan. “Saya sekarang sudah di Jakarta untuk pelantikan,” kata Andang saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Disinggung mengenai formasi baru anggota KPU periode 2018-2023, ia belum bisa memastikan. Dia beralasan, pembentukan struktur barus diplenokan setelah pelantikan berlansung. “Jadi belum diketahui siapa yang menjadi ketua dan penempatan di masing-masing divisi. Penentuan baru dilakukan melalui pleno yang dirapatkan setelah pelantikan,” ungkapnya.