Geopark Night Specta, Edisi Ketiga Hadirkan Didi Kempot

Geopark Night Specta 2017
25 Oktober 2018 21:00 WIB Galih Eko Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI–Geopark Night Specta akan kembali hadir di Gunungkidul secara beruntun untuk ketiga kalinya sejak 2016 lalu. Rencananya kegiatan dilakasanakan di area geosite Goa Ngingrong, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari dengan menghadirkan penyanyi Didi Kempot.

Kepala Bidang Pemasaran Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini mengatakan penyelenggaraan Geopark Night Specta merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY.

Penyelenggaraan di tahun ini merupakan yang ketiga kalinya karena acara sudah digelar sejak 2016 lalu. “Tahun ini Geopark Night Specta akan digelar selama dua hari, mulai Sabtu [27/10] dan Minggu [28/10] besok,” kata Yuni, Kamis (25/10).

Dia menjelaskan tujuan utama penyelenggaraan adalah untuk memperkenalkan geosite geopark di Gunungkidul. Karena itu, sejak penyelenggaraan pertama kali di 2016 lalu, lokasi untuk kegiatan acara terus berpindah-pindah. Pada 2016 lokasi penyelenggaraan di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, pada 2017 di kawasan Pantai Krakal dan tahun ini diselenggarakan di Gua Ngingrong.

Yuni menjelaskan penyelenggaraan di tahun ini akan diisi beberapa acara. Untuk pentas musik, bintang tamu utama akan menghadirkan seniman campur sari Didi Kempot dan Dimas Tedjo. Selain itu, juga akan menampilkan jemparingan, Saka Pariwisata, Gamelan Swaraswarga, Sanggar Tari Palupi, Simphony Orkestra. Pada Minggu paginya akan diselenggarakan senam masal, band Polres, kidung etnosia dan Hasoe Angels.

Kepala Seksi Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata DIY Wardoyo mengatakan dukungan provinsi untuk penyelenggaraan Geopark Night Specta guna memberikan hiburan serta menarik minat wisatawan.

Menurut dia, dukungan pengembangan wisata tidak hanya dilakukan di Gunungkidul sebab kabupaten dan kota lain di DIY juga mendapatkan dukungan yang sama. “Kami [Dispar] tidak pilih-pilih karena semua mendapatkan porsi yang sama. Misalnya di Sleman ada Merapi Night Specta, Kulonprogo ada Menoreh Night Specta dan Kota Jogja ada Malioboro Night Specta,” ucap Wardoyo.

Untuk penyelenggaraan Geopark Night Specta akan menampilkan kolaborasi musik tradisional dan modern. Tema yang diambil juga untuk mengangkat ciri khas yang ada di Gunungkidul, yakni musik campur sari dengan menampilkan bintang tamu Didi Kempot dan Dimas Tedjo.