Jadi Pembuka Jogjarockarta, Vokalis Koil Banting Gitar sampai Remuk

Penampilan band Koil dalam Jogjarockarta di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (27/10/2018). - Harian Jogja/ Rahmat Jiwandono
28 Oktober 2018 00:17 WIB Rahmat Jiwandono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Jogjarockarta festival musik rock internasional merupakan sebuah momen spektakuler bagi pecinta musik cadas tanah air yang diadakan di Stadion Kridosono Yogyakarta dengan bintang tamu utama Band Megadeth, Sabtu (27/10/2018).

Setelah sukses mendatangkan Dream Thetaer tahun lalu di tempat yang sama juga, kali ini Jogjarockarta membawa Megadeth yang merupakan hasil kerjasama antara Bank Jateng, Promotor Rajawali Indonesia.

Beberapa band pengisi turut memeriahkan konser Jogjarockarta. Sederet band beraliran rock Indonesia diundang seperti Blackout, Koil, Sangkakala, Elpamas, Edane, Seringai, ILP, God Bless, dan Megadeth.

Sekitar pukul 14.45 WIB band Blackout tampil disusul dengan band asli Bandung, Koil. Koil membawakan lima lagu yaitu Percaya, Perang, Luka, Sembuh, dan Fantasi.

Koil adalah band rock yang berasal dari Bandung, berdiri pada tahun 1993 dengan formasi awal Raden Mas Julius Aryo Verdijantoro (Vokal), Raden Mas Donnijantoro (Gitar), Leon Ray Legoh (Drum). Pada tahun 2007 Fransiskus Xaverius Adam Joswara dari Kubik bergabung sebagai pemain bass, dan pada tahun 2009 Ibrahim Nasution memutuskan keluar dari band.

Koil selama perjalanan bermusiknya sudah menelurkan empat album yaitu Koil (1996), Megaloblast (2001), Blacklight Shines On (2007), Blacklight (2010).

Di lagu terakhir yang mereka nyanyikan pada festival Jogjarockarta Otong sang vokalis membanting gitarnya empat kali sampai patah dan hancur.

Band berikutnya adalah band Rockabupaten yang berasal dari Bantul yaitu Sangkakala. Sangkakala termasuk band unik dimana sebelum mereka tampil biasanya ada enam atau tujuh orang yang berdandan seperti Bregada Kraton.

Band kenamaan asal Bantul, Jogja ini digawangi oleh Baron Kapulet Araruna (vokal), Eight Ball (gitar), Rudy Atjeh (bass) dan Tatsoy (drum).

Sangkakala juga membawakan lima lagu mereka yakni Proklamator, Botol Berhala, Sangkakala, Kansas, dan Tong Setan sebagai lagu terakhir.