Kabar Duka, Ambar Polah Tjahjono Meninggal Dunia

Ambar Tjahjono. - JIBI
17 November 2018 10:02 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kabar duka datang dari dunia seni, politik sekaligus dunia usaha di DIY. Politisi Partai Demokrat DIY yang juga mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia (Asmindo), Ambar Tjahjono meninggal dunia, Sabtu (17/11/2018) pagi.

Kabar duka itu dibenarkan oleh Ketua Bidang Organisasi DPP Asmindo Endro Wardoyo. Ketika dihubungi Harianjogja.com, Endro mengungkapkan tokoh yang akrab disapa Ambar Polah Tjahjono itu meninggal pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB di rumah di Godean Sleman.

"Saya tadi pagi olahraga, baru pukul 08.00 WIB buka HP, ternyata sudah banyak yang mengabari saya [tentang meninggalnya Ambar Tjahjono]. Lalu anak beliau, Mbak Shinta, juga menelepon saya," jelas Endro.

Ia menyebutkan, Ambar Tjahjono meninggal karena sakit yang sudah diderita sekitar dua tahun terakhir. Almarhum akan dimakamkan di Sribit, Girimulyo Kulonprogo pada Minggu (18/11/2018) pukul 10.00 WIB.

Endro yang saat dihubungi hendak berangkat ke rumah duka itu menjelaskan dirinya cukup dekat dengan almarhum sejak sama-sama berkiprah di Asmindo. Ambar menjadi ketua Asmindo DIY tahun 1996-2006. Saat itu, Endro menjadi salah satu mengurus di bawahnya.

Periode setelahnya, Ambar Tjahjono menjadi Ketua DPP Asmindo Pusat, Endro menjadi Ketua Bidang Organisasi DPP. Namun, Ambar berhenti dari jabatannya di Asmindo saat ia menjadi anggota legislatif melalui partai Demokrat.

Mengutip dari wikidpr.org, Ambar Tjahjono lahir di Blora, 12 Maret 1960. Ambar menjadi anggota DPR RI 2009-2014 sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk Roy Suryo (Komisi X) sejak Juli 2013. Meski demikian, Ambar tidak menempati komisi X, tapi mendapat tempat di komisi II karena juga terjadi perombakan posisi anggota fraksi Demokrat disaat yang sama.

Ambar mendapat perolehan suara terbanyak ke tiga untuk dapil DIY setelah Roy Suryo dan Agus Bastian, dengan perolehan 23.539 suara. Ambar kembali terpilih menjadi anggota DPR 2014-2019 dari dapil yang sama dengan perolehan suara 38.152 suara.

Namun tahun 2016, Ambar tidak lagi menjabat sebagai Anggota DPR karena dipecat oleh Partai Demokrat. Alasan dipecat kabarnya adalah karena pelanggaran kode etik (sumber). Ia digantikan oleh Roy Suryo Notodiprojo.