Advertisement

DIY Rangkul Google untuk Kembangkan Jogja Belajar

Sunartono
Jum'at, 23 November 2018 - 20:20 WIB
Arief Junianto
DIY Rangkul Google untuk Kembangkan Jogja Belajar Pejabat kabupaten kota di DIY menerima materi terkait pengembangan laman Jogja Belajar, Jumat (23/11/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Disdikpora DIY secara resmi meluncurkan aplikasi Jogja Belajar di Kantor Disdikpora DIY, Jumat (23/11/2018). Aplikasi yang merupakan hasil sinergi antara Pemda DIY dengan Google melalui PT Duta Digital Informatika yang merupakan mitra resmi Google for Education di Indonesia itu menyediakan beragam konten pembelajaran yang bisa dimanfaatkan guru maupun siswa.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan melalui Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik), pihaknya berupaya menciptakan terobosan baru terutama teknologi media pembelajaran bagi masyarakat. Program ini tak lain untuk mendukung agar pendidikan di DIY menjadi pusat pendidikan terkemuka di Asia pada 2025 mendatang.

"Bukan hanya diberikan jaringannya saja, Gmail sebagai latar belakang Jogja Belajar, nanti setiap anak yang memiliki akun Jogja Belajar diberikan storage yang unlimited, berapapun dia menggunakan tetap bisa," kata Aji di sela-sela peluncuran program tersebut.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sedangkan soal layanan Internet, dia mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY. “Ketimbang berlangganan Internet sendiri, lebih baik jika di setiap sekolah bisa ditambah dukungan jaringan Internet,”ucap dia.

Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan kerja sama itu merupakan bagian dari antisipasi Pemda DIY untuk mengantisipasi revolusi industri 4.0 karena butuh kesiapan SDM. Sehingga sekolah harus ramah dengan digitalisasi, sehingga sepakat menggandeng Google untuk menambah fitur di laman Jogja Belajar. "Selain itu program ini untuk mengarahkan anak dalam penggunaan gadget ke arah yang positif," ujarnya.

Presiden Director PT Duta Digital Informatika Arya Sanjaya mengatakan dalam kerja sama itu pihaknya tinggal memperbaiki laman Jogja Belajar yang sebelumnya sudah dikembangkan Tekkomdik DIY. Bentuk kerja sama itu dilakukan dalam rangka meningkatkan domain jogjabelajar.org menjadi domain pendidikan berbasis teknologi Google sehingga pengguna secara otomatis bisa menggunakan seluruh aplikasi produktivitas untuk pendidikan yang ada di Google.

"Dengan layanan ini, laman Jogja Belajar yang awalnya hanya lima fitur JB Media, JB Budaya, JB Radio, JB Tube dan JB Class, kini ditambah JB Mail," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement