Perekrutan Tenaga di Bidang IT Diperlukan

Ilustrasi. - Harian Jogja
30 November 2018 08:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul mewacanakan perekrutan Tenaga Harian Lepas (THL) untuk memenuhi kebutuhan guna pengembangan Informasi Teknologi (IT), yang dirasa penting guna memajukan Gunungkidul.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengakui sejauh ini perekrutan THL memang lebih banyak pada pekerjaan yang bersifat fisik. Sementara untuk keahlian seperti IT masih minim, untuk itu ia berharap kedepan ada perekrutan THL untuk bidang IT ini.

“Kalau belum dimulai [rekrutmen THL bidang IT] akan saya mulai, karena saat ini kita sudah menjadi percontohan dengan adanya SID [Sistem Informasi Desa] skala nasional. Sehingga kita perlu melakukannya di bidang lain kita sudah harus memulai segala sesuatu berbasis IT,” kata Immawan, Kamis (29/11/2018).

Dikatakan Immawan dengan pengembangan teknologi yang ada, setidaknya bisa membuka kesempatan kerja utamanya bagi anak-anak muda. Menurutnya banyak pemuda Gunungkidul yang memiliki potensi untuk itu.

Perekrutan tenaga untuk bidang IT tersebut juga dirasa penting dan didorong oleh kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Gunungkidul. Wakil Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Bernadus Dwi Winasto mengungkapkan saat ini segala sesuatu sudah serba online. Sehingga penting untuk mengikuti perkembangan zaman itu.

“Sangat penting itu, kami [DPRD Gunungkidul] melakukan kunjungan ke sejumlah kota untuk melihat smart city itu, dan itu sangat penting dan baik untuk perkembangan daerah,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan anak-anak muda di Gunungkidul dapat turut berperan dalam pengembangan Gunungkidul berbasis IT. Dengan begitu pengembangan wisata yang booming di Gunungkidul dapat semakin gencar dipromosikan, sehingga nantinya memberi efek domino ke peluang kerja bidang pariwisata terbuka juga.

Dia juga mengatakan dengan berbasis IT tersebut dapat membantu mempermudah segala urusan administrasi masyarakat. Termasuk akan membuat kinerja pegawai pemerintahan hingga tingkat desa semakin baik dengan transparansi.

“Harapan kami dengan memaksimalkan manfaat teknologi, Gunungkidul semakin maju, kesejahteraan masyarakat nantinya dapat semakin meningkat juga,” katanya.