Advertisement

Ratusan Toilet Dibangun di Desa Wisata DIY

Sunartono
Sabtu, 08 Desember 2018 - 10:50 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Toilet Dibangun di Desa Wisata DIY Wisatawan menikmati panorama di Desa Wisata Nglinggo yang berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. - IG @bernadettakrizma

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY sedang menyelesaikan pembangunan 140 toilet pada 2018 untuk mendukung fasilitas homestay di desa wisata di DIY.

Atas keseriusan dalam mengembangkan desa wisata, DIY mendapatkan dua gelar sebagai pengelola homestay terbaik dan pengelolaan community based tourism (CBT) terbaik secara nasional 2018.

Advertisement

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menjelaskan selama 2018 ini Pemda DIY membangun fasilitas 140 toilet untuk homestay di berbagai desa wisata di DIY.

Bantuan Gubernur DIY itu diberikan melalui Dinas Pariwisata DIY untuk melengkapi fasilitas homestay agar memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

"Bantuan ini untuk melengkapi fasilitas homestay di rumah-rumah penduduk. Sehingga banyak wisatawan datang dan pariwisata ini terbukti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya, Jumat (7/12/2018).

Ia menambahkan pembangunan 140 toilet itu terdiri atas 25 unit toilet di Desa Wisata Nglinggo Samigaluh, 20 unit di Desa Wisata Segajih, Desa Hargotirto, Kokap Kulonprogo. Adapun sisanya sebagian besar dibangun di Bantul, antara lain di Karangtengah dan Wukirsari Imogiri masing-masing 25 unit toilet serta 25 unit di Mangunan dan 20 unit di Munthuk Dlingo Bantul.

Aris menegaskan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke desa wisata pihaknya bekerjasama dengan Asita DIY selaku biro perjalanan wisata. Caranya membuat paket wisata dengan memasukkan desa wisata yang manajemennya dinilai sudah baik. Kelaikan dimasukkannya desa wisata dalam paket itu seperti aspek pelayanan dan aspek pengelolaannya baik.

"Harapannya minat wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri ini bisa meningkat dengan kunjungannya ke desa wisata," katanya.

Aris menambahkan atas jerih payah dalam mengelola desa wisata, DIY mendapatkan dua gelar terbaik dalam pengelolaan desa wisata.

Antara lain Rejo Homestay dari Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Bantul menjadi terbaik pertama kategori pengelolaan homestay. Kemudian Desa Wisata Nglinggo Samigaluh Kulonprogo menjadi terbaik pertama untuk kategori CBT.

"Dalam kompetisi ini jurinya dari berbagai kalangan dan DIY meraih juara pertama. Kami komitmen dengan pengembangan desa wisata," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement