Advertisement

TIP POLA ASUH : Bermain Aktivitas Penting Bagi Anak

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 13 Desember 2018 - 09:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIP POLA ASUH : Bermain Aktivitas Penting Bagi Anak Siswa Olifant School bermain bersama belum lama ini. - Ist./ Olifant School

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dunia anak-anak tidak lepas dari aktivitas bermain. Psikolog Olifant School Mariani Sutanto menekankan pentingnya kegiatan bermain bagi anak-anak kepada orang tua.

"Anak-anak di seluruh dunia sangat senang bermain. Jika disediakan tempat yang luas, dengan senangnya mereka akan berlari-larian dan bercanda ria dengan teman-temannya," ujar Mariani dalam rilisnya, Rabu (12/12).

Advertisement

Apabila anak-anak diperkenalkan dengan mainan yang dapat merangsang rasa ingin tahu, kata Mariani, itu akan membuat anak tidak akan pernah bosan pada benda tersebut. Dia mengungkapkan dengan bermain, anak-anak akan menemukan kegembiraan.

"Dengan membiarkannya bermain itu akan memupuk rasa ingin tahu serta kekayaan imajinasi mereka. Kedua hal ini sangat dibutuhkannya ketika mereka mulai besar, di mana imajinasi dan rasa ingin tahu diperlukan untuk dapat menangkap pelajaran dengan baik," kata Mariani.

Mengutip pernyataan Stuart L. Brown, seorang psikiater luar negeri, Mariani memaparkan yang dimaksud dengan bermain adalah kegiatan yang spontan, gembira, bebas dari rasa cemas dan emosi kuat lainnya. Kegiatan yang spontan ini bagi anak-anak ternyata sangat penting, karena dengan begitu ia merasa menjadi bagian dari sesuatu.

Karena itu, anak memerlukan lingkungan yang aman, hangat, mendukung dan banyak melibatkan orang tua. Saat bermain dengan anak, orang tua secara tidak langsung telah merangsang perkembangan kognitif anak. Di saat bermain itu juga orang tua dapat memasukkan berbagai informasi yang diperlukan oleh anak kecil, misalnya tentang warna, bentuk, perubahan, posisi tempat, pergerakan dan masih banyak lainnya.

"Pada anak-anak yang lebih besar, bermain juga mengajarkan kepada mereka berteman itu asyik dan senang. Oleh karena itu salah satu yang patut diupayakan oleh sebuah sekolah adalah menyediakan kesempatan bermain seluas-luasnya kepada anak," imbuh dia.

Dengan demikian kelak anak-anak akan memiliki ketrampilan sosial yang baik, fleksibilitas yang baik, sehat secara fisik. Selain itu, anak akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berdaya imajinasi yang tinggi dan kemampuan berinovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement