Advertisement

KPU Gunungkidul Jamin Kotak Suara dari Dupleks Tidak Mudah Rusak

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 18 Desember 2018 - 14:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
KPU Gunungkidul Jamin Kotak Suara dari Dupleks Tidak Mudah Rusak Pekerja sedang memindahkan kotak suara pemilu 2019 ke gudang penyimpanan milik KPU Gunungkidul, Jumat (26/10/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Meski di sejumlah daerah terdapat kerusakan kotak suara dan bilik suara dari dupleks, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menjamim kotak suara dan bilik suara yang terbuat dari dupleks  di Gunungkidul tidak mudah rusak dan aman. 
Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengungkapkan berbagai upaya dilakukan agar logistik yang terbuat dari dupleks tersebut tetap terjaga hingga Pemilu 2019 nanti. Saat ini sendiri dinilainya masih aman, tidak ada kerusakan.
"Kotak suara dan bilik suara sudah datang semua. Kami pengelolaan sesuai aturan yang ada yang telah ditetapkan. Seperti diletakkan di atas panggung antirayap dan sebagainya. Nanti saat distribusi juga dibungkus plastik," kata Hani, Senin (17/12/2018).
Ia menjelaskan penggunaan dari bahan dupleks tersebut dan penggunaan sekali pakai telah mengacu Undang-Undang yang berlaku, yang diterjemahkan oleh KPU RI. Selain itu juga sudah disepakati oleh DPR. 
Bahan dupleks itu sendiri dinilai juga tahan terhadap air dan beban yang berat. Dari segi keamanan dijelaskan Hani ada kabel ties yang dinilai dapat menjamin keamanan, untuk menghindari kecurangan. Menurutnya jika ada yang mempermasalahkan penggunaan dupleks ini, merupakan bagian dari dinamika politik. 
Untuk jumlah sendiri kotak suara berbahan dupleks sendiri ada 13.868 kotak suara dan untuk bilik suara ada 4.393 buah. "Untuk bilik suara masih ditambah yang berbahan almunium sebanyak 6.543 bilik suara," ucapnya.
Sementara itu kotak suara yang berbahan almunium yang sudah tidak terpakai sebanyak 7.442 direncanakan akan dilelang dan sekitar 1.000 kotak direncanakan akan dihibahkan ke Pemkab Gunungkidul, untuk kepentingan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau yang lainnya.
Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan pihak Bawaslu belum lama ini juga memantau kondisi kotak suara dan bilik suara berbahan dupleks itu.
"Kami belum lama mengecek di KPU Gunungkidul, masih aman tidak ada yang rusak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement