Sambut Libur Natal & Tahun Baru, AP I Buka Posko Terpadu

Apel Pembukaan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru 2019 di area Pelataran Gedung PKP-PK Bandara Internasional Adisutjipto, Kamis (20/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
20 Desember 2018 15:15 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Angkasa Pura I (AP I) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta membuka posko terpadu menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Puncak lonjakan jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto diperkirakan terjadi pada H-2 Natal.

Airport Operation and Service Departement Head Bandara Adisutjipto, Riyaman, mengatakan untuk menyambut libur Nataru jajarannya membuka posko terpadu mulai Kamis (20/12/2018) sampai Senin (6/1/2019). "Posko terpadu dibuat guna pengamanan dan memberikan pelayanan saat libur Natal dan Tahun Baru," kata Riyaman, Kamis.

Selain itu berbagai fasilitas akan diberikan antara lain menambah tiga gate dan menambah 30 ekstra flight. "Ekstra flight tahun ini tujuannya Cengkareng, Halim Perdanakusuma, Samarinda, dan Balikpapan. Tahun ini kami berikan ekstra flight sampai 30 kali penerbangan, sementara tahun lalu hanya 16 penerbangan," ujar Riyaman. Untuk pengamanan, di posko terpadu disiapkan 112 personel yang terdiri dari 50 personel gabungan dan 62 personel dari PT Angkasa Pura I.

Di libur Nataru, Angkasa Pura I memperkirakan puncak kepadatan di Bandara Adisutjipto terjadi di H-2 Natal atau pada Senin (23/12). Diperkirakan jumlah lonjakan penumpang mencapai 7,28%. Di tahun lalu puncak lonjakan bisa sampai 26.205 penumpang. Sementara di tahun ini diperkirakan puncak lonjakannya akan sampai 28.237 penumpang.

Untuk arus balik, Angkasa Pura I memperkirakan akan terjadi pada H+1 Natal atau pada Kamis (26/12). Diperkirakan pada puncak arus balik itu lonjakan penumpang bisa sampai 27.997 penumpang.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, Marsma TNI Tedy Rizalihadi, mengatakan untuk pengamanan libur Nataru jajarannya menyiapkan 300 personel. Selain itu ada juga tambahan dari Basarnas DIY yang menyiagakan satu kompi.

"Keberhasilan pengamanan angkutan udara ditentukan oleh adanya kerja sama dan koordinasi yang baik antarsatuan pelaksana pengamanan, saya mengimbau kepada seluruh personil untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam mengawal momen selama nataru ini," katanya, Kamis.