Pengunjung Taman Pintar Tembus 1 Juta Orang

Wakil Wali Kota Jogja (kiri) menyerahkan hadiah dan cinderamata kepada pengunjung Taman Pintar yang ke-1 juta, Sabtu (29/12). - Harian Jogja/ Ujang Hasanudin
29 Desember 2018 23:50 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kunjungan wisatawan ke obJek wisata edukasi dan rekreasi Taman Pintar menembus angka satu juta pengunjung pada Sabtu (29/12) siang.

Pemerintah Kota Jogja selaku pengelola objek wisata tersebut memberikan kejutan pengunjung ke-1 juta. Pengunjung yang beruntung mendapat hadiah berupa alat masak microwave dan cinderamata.

Pengunjung tersebut adalah Kusnadi, wisatawan asal Bandar Lampung. Ia masuk Taman Pintar dan membeli tiket sekitar pukul 10.20 WIB.

Kusnadi baru pertama kali berkunjung ke Taman Pintar meki sudah tiga kali berlibur ke Jogja.

"Kebetulan liburan sekolah ini ada rekomendasi dari teman bahwa Taman Pintar cocok buat liburan anak-anak," kata dia. Kunjungan ke Taman Pintar ini hari terakhir Kusnadi setelah lima hari berlibur di Jogja.

Saat ditanya kesannya soal Jogja ia langsung menyatakan "Jogja macet," kata dia. Selain macet penginapan sekitar dalam kota juga penuh sehingga ia mendapat penginapan di daerah Kalasan, Sleman. Meski terkena macet, Kusnadi mengaku menikmati liburannya di Jogja.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi yang menyerahkan hadiah kepada pengunjung ke-1 juta mengatakan Taman Pintar menjadi salah satu objek wisata di Kota Jogja yang menjadi andalan wisatawan, terbukti dengan banyaknya pengunjung. Sejak 2009 lalu pengunjung Taman Pintar dalam setahun mencapai angka satu jutaan.

Bahkan pada liburan Natal dan Tahun Baru ini rata-rata kunjungan dalam sehari ke Taman Pintar di angka 8.000-10.000 orang sejak Sabtu pekan lalu. Hal itu tidak lepas dari adanya pengembangan-pengambangan wahana Taman Pintar tiap tahunnya.

"Taman Pintar harus semakin kuat brandingnya. ke Taman Pintar wisatawan dapat apa? Bisa hiburan sekaligus belajar. Tugas kami terus perbaiki wahana yang ada upaya punya daya tarik," kata Heroe seusai menyerahkan hadiah.

Pihaknya akan mengevaluai semua wahana di Taman Pintar yang butuh perbaikan dan pembaharuan supaya tidak membosankan. Heroe berencana mengembangkan Taman Pintar, namun karena keterbatasan lahan sehingga solusinya adalah membangun Taman Pintar II.

Taman Pintar II rencananya akan dibangun tahun depan di Jogja bagian selatan. Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono mengatakan Taman Pintar selalu memberikan apresiasi kepada pengunjung yang mencapai angka 1 juta setiap tahunnya sejak 2009 lalu.

Menurut dia angka satu juta itu merupakan angka minimal yang akan tetap dipertahankan. Ia meyakini dalam setahun angka kunjungan melebihi angka 1 juta.

"Seperti tahun ini kan masih ada sisa tiga hari jumlah pengunjung akan terus bertambah," kata Yunianto. Kunjungan tahun lalu angka tepatnya sekitar 1.070.000 pengunjung ke Taman Pintar.

Kepala Bagian Taman Pintar, Dinas Pariwisata Kota Jogja, Afia Rosdiana mengatakan total ada 54 wahana di Taman Pintar. Setiap tahun wahana akan bertambah. Tahun ini wahana terbaru adalah zona teknologi popular. Selain zona teknologi pupular zona yang paling banyak dikunjungi tahun ini adalah zona fisika dan zona planetarium.

Zona planetarium adalah pertunjukan dimana penontonnya bisa merasakan sensasi di luar angka seperti dalam film star wars. Afia mengatakan sebagian besar pengunjung didominasi anak-anak yang mencapai 70%.