Advertisement

DHAUP AGENG : Akad Nikah Putra Mahkota Pura Pakualaman Digelar Pagi Ini

Sunartono
Sabtu, 05 Januari 2019 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
DHAUP AGENG : Akad Nikah Putra Mahkota Pura Pakualaman Digelar Pagi Ini Prosesi siraman pengantin putra mahkota Pura Pakualaman BPH Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakhsita Nooryapada Jumat (4/1/2018). - Media Center Pura Pakualaman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Putra mahkota Pura Pakualaman BPH Kusumo Bimantoro dengan Maya Lakhsita Noorya akan melangsungkan prosesi akad nikah, hari ini Sabtu (5/1/2019).

Sebelumnya prosesi siraman yang bertujuan untuk mensucikan pengantin sebelum dinikahkan sudah digelar pada Jumat (4/1/2019).

Advertisement

Abdi Dalem Pura Pakualaman M.Ng Citropanambang mengatakan siraman dilakukan dengan kain motif Grompol yang bermakna guyub rukun, dengan harapan ke depan calon pengantin selalu diiringi semangat guyub rukun.

Secara umum siraman itu bermakna untuk mensucikan calon pengantin yang akan menjalani proses akad nikah pada Sabtu (5/1/2019) pagi. Karena akad merupakan ritual sakral maka harus disucikan lebih dahulu. Selain akad nikah pengantin akan menjalani prosesi panggih yang juga prosesi sakral dalam adat Jawa. Apalagi pengantin baru akan dipertemukan setelah ritual panggih. "Jadi pengantin baru akan digathukke [disatukan] saat upacara panggih," ujarnya, Jumat.

Adapun siraman bagi pengantin putra dan putri menggunakan sumber air dari salah satu sumur di kompleks Puro Pakualaman. Berbeda dengan masyarakat umum yang biasanya memakai tujuh sumber air. "Kalau di Pura dan istana yang lain hanya menggunakan satu sumber yang ada diambil dari sumur di Puro Pakualaman. Itu sumurnya berada di sebelah Parangkarsa," katanya.

Acara tersebut dihadiri sejumlah perwakilan kerajaan Islam di sekitar DIY sebagai Catur Sagotro terdiri dari Kraton Jogja, Pura Pakualaman dan Kraton Solo. Selain itu kehadiran kerajaan Islam lainnya sekaligus dimintai doa restu terutama bagi sesepuh. Sehingga persaudaraan antarkerajaan Islam tetap terjaga. Siraman berjalan lancar dengan waktu antara pukul 07.30 WIB hingga 11.00 WIB.

Adapun upacara akad nikah akan dihelat pada Sabtu (5/1/2019) pagi di Masjid Pakualaman dilanjutkan dengan panggih temanten di Bangsal Sewatama, sungkeman di Dalem Ageng Prabasuyasa hingga prosesi pahargian pertama di Bangsal Sewatama.

"Untuk RI-2 [Jusuf Kalla] informasi sementara tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain," ucap Kabag Protokol Pemda DIY Tejo Purnomo.

Sementara itu Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X turut berbahagia atas pelaksanaan Dhaup Ageng di Pura Pakualaman. Ia berharap kedua mempelai bisa mendapatkan kebahagiaan selama mengarungi rumah tangga. Selain itu HB X berharap perkawinan itu memberikan manfaat bagi Pura Pakualaman hingga manfaat untuk Jogja dan negara pada umumnya.

"Sya ucapkan selamat berbahagia kepada temanten berdua semoga perkawinan ini bisa membawa kebahagiaan bagi keduanya kedua, bermanfaat untuk pakualaman, bermanfaat karyanya untuk Jogja maupun bangsa dan negara semoga berbahagia," kata Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement