Advertisement

Penyakit Ginjal Tidak Hanya Diderita Orang Dewasa

Yogi Anugrah
Rabu, 09 Januari 2019 - 22:10 WIB
Laila Rochmatin
Penyakit Ginjal Tidak Hanya Diderita Orang Dewasa Para siswa SMP Negeri 1 Jogja mengikuti edukasi rawat ginjal sejak dini, Rabu (8/1) di aula sekolah. - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Ketua Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) DIY Hanny mengingatkan pentingnya merawat ginjal sejak dini, sebab saat ini, pasien hemodialisis (cuci darah) tidak hanya berasal dari usia dewasa, tetapi juga usia muda.

"Beberapa waktu lalu ada yang masuk ke kami, pasien hemodialisis bayi, anak-anak, dan remaja," kata dia setelah kegiatan edukasi Mari Rawat Ginjal Kita di Aula SMP Negeri 1 Jogja, Rabu (9/1/2019).

Advertisement

Salah satu faktor penyebab hal tersebut, menurut dia, disebabkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, ditambah dengan jarangnya mengonsumsi air putih sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan.

"Sekarang banyak makanan instan dan minuman berenergi yang tidak baik untuk kesehatan," ucap dia.

Oleh karena itu, ia mengatakan KPCDI DIY melaksanakan kegiatan edukasi merawat ginjal sejak dini di SMP Negeri 1 Jogja. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak mulai menjaga dan menjalani pola hidup sehat sejak dini untuk menjaga kesehatan ginjal.

"Anak-anak juga dikenalkan dengan fisiologis dan fungsi ginjal manusia. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk merawat ginjal sejak dini," ujar dia.

Ia menambahkan selama ini, KPCDI juga aktif memberikan sosialisasi dan seminar terkait dengan pentingnya merawat ginjal. Tidak hanya itu, KPCDI sering memberikan pendampingan kepada pasien hemodialisis yang mengalami mental down.

"Kami juga aktif mencari donasi bagi pasien hemodialisis yang membutuhkan bantuan biaya. Untuk pelayanan cuci darah di DIY, sudah cukup baik, karena belum pernah ada keluhan yang masuk kepada kami terkait pelayanan cuci darah," ujarnya.

Waka Kesiswaan SMP Negeri 1 Jogja M.A.S Anggoro Rini mengatakan sekolah menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan KPDCI DIY tentang edukasi rawat ginjal sejak dini.

"Kegiatan ini akan kami agendakan lagi pada waktu awal masuk sekolah. Karena sangat penting bagi usia-usia muda agar tetap menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement