Penyakit Ginjal Tidak Hanya Diderita Orang Dewasa

Para siswa SMP Negeri 1 Jogja mengikuti edukasi rawat ginjal sejak dini, Rabu (8/1) di aula sekolah. - Harian Jogja/Yogi Anugrah
09 Januari 2019 22:10 WIB Yogi Anugrah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Ketua Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) DIY Hanny mengingatkan pentingnya merawat ginjal sejak dini, sebab saat ini, pasien hemodialisis (cuci darah) tidak hanya berasal dari usia dewasa, tetapi juga usia muda.

"Beberapa waktu lalu ada yang masuk ke kami, pasien hemodialisis bayi, anak-anak, dan remaja," kata dia setelah kegiatan edukasi Mari Rawat Ginjal Kita di Aula SMP Negeri 1 Jogja, Rabu (9/1/2019).

Salah satu faktor penyebab hal tersebut, menurut dia, disebabkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, ditambah dengan jarangnya mengonsumsi air putih sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan.

"Sekarang banyak makanan instan dan minuman berenergi yang tidak baik untuk kesehatan," ucap dia.

Oleh karena itu, ia mengatakan KPCDI DIY melaksanakan kegiatan edukasi merawat ginjal sejak dini di SMP Negeri 1 Jogja. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak mulai menjaga dan menjalani pola hidup sehat sejak dini untuk menjaga kesehatan ginjal.

"Anak-anak juga dikenalkan dengan fisiologis dan fungsi ginjal manusia. Dengan begitu, mereka akan termotivasi untuk merawat ginjal sejak dini," ujar dia.

Ia menambahkan selama ini, KPCDI juga aktif memberikan sosialisasi dan seminar terkait dengan pentingnya merawat ginjal. Tidak hanya itu, KPCDI sering memberikan pendampingan kepada pasien hemodialisis yang mengalami mental down.

"Kami juga aktif mencari donasi bagi pasien hemodialisis yang membutuhkan bantuan biaya. Untuk pelayanan cuci darah di DIY, sudah cukup baik, karena belum pernah ada keluhan yang masuk kepada kami terkait pelayanan cuci darah," ujarnya.

Waka Kesiswaan SMP Negeri 1 Jogja M.A.S Anggoro Rini mengatakan sekolah menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan KPDCI DIY tentang edukasi rawat ginjal sejak dini.

"Kegiatan ini akan kami agendakan lagi pada waktu awal masuk sekolah. Karena sangat penting bagi usia-usia muda agar tetap menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat," kata dia.