Hari Ini, Hujan Intensitas Sedang tetapi Harus Waspada Petir dan Angin Kencang

Ilustrasi cuaca. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
16 Januari 2019 08:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah pohon tumbang di wilayah Kabupaten Sleman pasca hujan diikuti angin yang terjadi Selasa (15/1/2019). Masyarakat diimbau untuk waspada karena diperkirakan kondisi cuaca yang sama akan terjadi pada hari ini, Rabu (16/1/2019).

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY yang diterima Harian Jogja, DIY akan mengalami hujan ringan sampai sedang pada pagi sampai sore hari. Sementara pada malam hari berawan dengan hujan sangat ringan.

Kendati hujan diperkirakan masih dalam intensitas sedang tetapi BPBD menyampaikan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai petir dan angin kencang serta potensi tinggi gelombang 2.5 - 3.5 meter di perairan selatan DIY.

"Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana," tulis BPBD DIY dalam rilis resminya melalui pesan Whatsapp.

Saat ini kubah lava dalam kondisi stabil dengan laju pertumbuhan yang masih relatif rendah dan aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi dan ditetapkan dalam tingkat aktivitas Waspada.