Sosialisasikan Kesiagaan Bencana, BPBD Jogja Bidik Enam Sekolah

Ilustrasi simulasi bencana alam. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
17 Januari 2019 15:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak enam sekolah di wilayah Kota Jogja bakal jadi sasaran utama sosialisasi terkait dengan kewaspadaan menghadapi bencana alam. Dari keenam sekolah, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) bakal jadi prioritas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Hari Wahyudi mengatakan sosialisasi tersebut perlu dilakukan agar siswa nantinya memiliki kesiapsiagaan saat menghadapi bencana, khususnya bencana alam. Sayangnya, hingga kini BPBD Jogja belum memastikan sekolah mana yang akan disasar.

Meski begitu, Hari berharap peserta sosialisasi nantinya bisa berasal dari segala jenjang, mulai dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) hingga SMP. "Orientasi kami, maksimum sekolah menengah pertama lah, terutama sekolah negeri," ungkapnya, Kamis (17/1).

Menurut dia, kewaspadaan terhadap bencana membutuhman komitmen dari manajemen sekolah. Dalam artian, yang terlibat dalam kesadaran kesiapsiagaan bencana bukan hanya murid. Melainkan juga guru, kepala sekolah, TU, satpam dan lainnya.

Karena mereka adalah pihak-pihak yang relatif lama tinggal di sekolah ketimbang murid, yang akan naik kelas kemudian meninggalkan sekolah. “Lah kalau siswa kan hanya ada di sekolah setidaknya tiga tahun,” ucap Hari.