Advertisement

Jalan Jenderal Sudirman Akan Ditata, PKL Didata

Nugroho Nurcahyo
Senin, 21 Januari 2019 - 17:05 WIB
Budi Cahyana
Jalan Jenderal Sudirman Akan Ditata, PKL Didata PKL di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja, Minggu (20/1/2019). - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja, sudah mendapat informasi rencana penataan trotoar menjadi kawasan pedestrian. Mereka juga sudah didata oleh petugas kelurahan.

Dyah, pemilik lapak PKL di samping Hotel Novotel mengaku mendapat informasi sekitar sepekan lalu dari petugas Kelurahan Terban, Gondokusuman. “Sudah diinformasikan. Katanya mau penataan, mau dibuat taman. Tetapi tidak tahu kapan mau mulai ditata,” kata pemilik lapak makanan dan minuman ringan serta rokok, Minggu (20/1/2019)

Advertisement

Suprapti, 67, pedagang lainnya di trotoar bagian utara Jalan Sudirman, juga mengaku sudah dua kali disambangi petugas kelurahan.

“Tiga atau empat hari lalu. Dua kali didatangi [petugas kelurahan],” ujar wanita yang karib disapa Prapti itu.

Petugas yang datang pertama, kata dia, meminta data pribadi dari KTP dan menginformasikan trotoar itu akan ditata oleh Pemerintah Kota Jogja seperti halnya Kawasan Pedestrian Kotabaru. “Tapi enggak tahu mau dibesarkan atau malah dikurangi lebarnya. Katanya dibuat lebih bagus, ada tamannya,” kata Prapti.

Petugas, kata dia, tidak memberitahukan apakah nanti para PKL masih dibolehkan berjualan di tempat itu, direlokasi di tempat lain, atau tidak dibolehkan jualan sama sekali.

“Enggak bilang apa-apa soal nanti harus bagaimana, saya juga enggak tanya,” ujar Prapti yang sudah 37 tahun berdagang nasi rames di trotoar Sudirman.

Pun saat petugas kedua dari Kelurahan Terban kembali datang mendata identitas plus memotret lapak PKL-nya, Prapti juga tidak menanyakan terkait dengan hal itu.

Jika diminta pindah atau dilarang berjualan, wanita yang sudah punya 11 cucu itu mengaku tidak keberatan. “Wong saya ini juga sudah tua, anak-anak saya juga sudah mentas semua.”

Wanita yang tinggal di Kampung Sagan itu mengatakan Paguyuban PKL Sudirman pada Senin (21/1/2019) akan menggelar pertemuan rutin arisan bulanan. “Mungkin dibahas soal ini juga,” kata dia.

Trotoar di Jalan Sudirman akan ditata menjadi bagian dari Kawasan Pedestrian Kotabaru yang satu penggalnya sudah diresmikan pada pengujung Desember 2018 lalu. Kawasan Pedestrian ini akan terintegrasi dengan Ruang Terbuka Hijau Kridosono dan Stasiun Lempuyangan menjadi kawasan terpadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Oknum Pegawai Lion Air Jadi Sindikat Narkoba, Begini Modus Operasinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement