Persiapan UNBK Mulai Dilakukan

Sejumlah peserta UNBK program paket A dari PKBM Mandiri Karen sedang mengerjakan soal ujian nasional di SMA Negeri 1 Kretek, Kamis (3/5/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
21 Januari 2019 23:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan (Disdik) DIY melakukan sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2019, mulai dari kesiapan teknis maupun mendorong kesiapan peserta.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Disdik DIY, Didik Wardaya, mengatakan persiapan pendataan saat ini sudah selesai dan telah dilaporkan ke Pemerintah Pusat. “Untuk laboratorim juga sudah berkoordinasi dengan sekolah. Semua ujian sudah berbasis komputer, ujian dengan kertas hanya untuk yang siswa berkebutuhan khusus,” ujar Didik, Senin (21/1/2019).

Diungkapkan Didik untuk sekolah yang belum memiliki atau kekurangan komputer nantinya akan menumpang ke sekolah lain yang lokasinya berdekatan. Menurutnya hal tersebut tidak menjadi masalah untuk psikologi peserta.

Melihat pelaksanaan UNBK tahun lalu, menurutnya, tidak ada gangguan begitu berarti baik dari jaringan internet maupun jaringan listrik. “Kalau tahun lalu gangguan yang terjadi hanya mati listrik karena pengaruh cuaca atau kecelakaan yang menganggu jaringan listrik. Namun secara umum pelaksanaan ujian tetap lancar karena kami juga berkoordinasi dengan PT PLN agar tidak ada pemadaman,” katanya.

Humas SMA Negeri 3 Jogja, Agus Santosa, mengatakan saat ini jajarannya telah melakukan sejumlah persiapan seperti kegiatan pendalaman materi bagi siswa kelas XII yang dilakukan setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 07.15 WIB.

“Kami menyertakan siswa dalam simulasi UNBK. Guru Kelas XII menyampaikan kajian kisi-kisi UNBK yang diterbitkan Badan Standar Nasional Pendidikan [BSNP ], kemudian materi kurikulum Kelas XII semester enam dimampatkan sehingga berakhir pada pekan terakhir Januari 2019,” ujar Agus.

Menurutnya, mulai Februari dalam pendalaman materi khusus UNBK siswa bakal dikelompokkan menurut pilihannya.

Kepala SMA Negeri 8 Jogja, Rudi Prakanto, mengungkapkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dari BSNP, persiapan UNBK di SMA Negeri 8 Jogja sudah pada tingkatan penyelesaian daftar nominasi tetap (DNT) peserta UNBK, dan pemantapan pilihan mata pelajaran sesuai program peminatan siswa. Selain itu secara teknis jajarannya telah melakukan simulasi pertama untuk kelancaran UNBK.

“Untuk menyiapkan siswa Kelas XII sukses UNBK, ada aktivitas tambahan jam pelajaran setiap hari selama satu jam di pagi sebelum proses belajar reguler, dan ada tambahan pembelajaran untuk siswa yang merasa masih belum paham terhadap materi pelajaran UNBK,” ucap Rudi.

Untuk sarana pendukung, menurut Rudi, komputer sudah siap dan ada tiga ruang laboratorium komputer dengan masing masing kurang lebih ada 40 komputer jaringan, dan tiga server serta satu komputer cadangan. “Untuk jaringan Internet ada bandwidth 40 Mbps,” katanya.