Desa Wajib Optimalkan Sistem Informasi Daerah

Perwakilan 20 Desa di Kulonprogo tengah mengikuti Pelatihan Layanan Administrasi Desa Berbasis Sistem Informasi Desa (SID) di Ruang Binangun IV, kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (22/1 - 2019)./Ist
23 Januari 2019 19:00 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 20 desa di Kulonprogo mengikuti Pelatihan Layanan Administrasi Desa Berbasis Sistem Informasi Desa (SID) di Ruang Binangun IV, kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Selasa (22/1/2019). Pelatihan ini dimaksudkan agar desa dapat mengoptimalkan SID sehingga mempercepat layanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonprogo Rudiyanto mengatakan pelatihan ini merupakan lanjutan sosialisai SID yang ditargetkan menyasar pada 87 desa di Kulonprogo. Progres implementasi sistim informasi agar lebih cepat berkualitas, memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat.

Lewat pelatihan ini, Rudiyanto ingin desa dalam memberikan layanan kepada masyarakat dapat lebih cepat mulai dari kemudahan memperoleh informasi, validitas data, objektivitas dan akurasi data. Selain itu, supaya desa memiliki layanan yang lebih baik lagi dan tidak ada data yang overlap.

Dia menambahkan nantinya dengan optimalisasi SID, data dari desa dapat terintegrasi dari pemerintah kabupaten melalui satu pintu layanan OPD. “Agar data penduduk tidak berbeda-beda sehingga aplikasi open sistem informasi data langsung dari Dukcapil,” ucapnya, Selasa.