Budi Utama Gelar Edufair Perdana

alah satu booth universitas dan agen pendidikan yang turut berpartisipasi dalam edufair perdana Sekolah Menengah Budi Utama pada Sabtu (19 - 1).
24 Januari 2019 04:30 WIB Rheisnayu Cyntara Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sekolah Menengah Budi Utama mengadakan pameran pendidikan atau edufair untuk pertama kalinya pada Sabtu (19/1/2019). Edufair ini diikuti oleh beragam universitas dan agen pendidikan dari dalam dan luar negeri, serta diramaikan dengan pentas seni para siswa. Pada edufair perdana ini, Budi Utama memilih Adhihna sebagai tema sentral.

Kepala SMP SMA Budi Utama, Satrio Prihantoro menjelaskan kegiatan edufair perdana ini merupakan bagian dari program bimbingan konseling Sekolah Menengah Budi Utama sekaligus sebagai fasilitas bagi siswa kelas XII yang sudah memasuki masa akhir studi. Mereka dibekali dengan informasi terkait dengan universitas dan jurusan yang ada. Tema Adhihna yang berarti determinasi diri atau self-determination sengaja dipilih sebagai tema kali ini.

Menurut Satrio, determinasi diri bisa dimaknai sebagai suatu sikap mental yang ditandai dengan komitmen yang kuat untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Berbekal motivasi, semangat dan kemauan diri yang besar, proses tersebut dapat dijalankan dan cita–cita serta tujuan akan tercapai. Dengan memiliki determinasi diri yang baik, seseorang dapat menentukan tujuan dalam hidupnya dengan jelas. "Ini sejalan dengan situasi para siswa di akhir pendidikan. Baik itu SD, SMP maupun SMA mereka harus sudah mulai belajar menentukan jalan hidupnya, terutama dalam memutuskan jenjang pendidikan selanjutnya," katanya.

Acara ini diikuti oleh 24 universitas dan agen pendidikan dari dalam dan luar negeri. Antara lain Cerdas Bangsa college, AIBT Indonesia, AS Student Services, Raffles Institute, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Ciputra, UNIKA Soegijapranata, Universitas Sanata Dharma, Huaqiao University, Binus University, Universitas Multimedia Nusantara, STIE YKPN, Xiamen University Malaysia, Nilai University Malaysia, Singapore Institute of Management, Calvin Institute of Management, Central International Education, AMIKOM, Universitas Pelita Harapan, UNIKA Widya Mandala, IDP Yogyakarta, Inti University Malaysia, dan Universitas Prasetiya Mulya.

Selain pameran pendidikan, terdapat pula rangkaian kegiatan yang lainnya antara lain sosialisasi SNMPTN/ SBMPTN, pelatihan dan simulasi English Language Testing System (Ielts), Speech and Story Telling Competition. Tak ketinggalan para siswa SMP SMA Budi Utama pun unjuk kemampuan lewat pentas seni Chinese drum, vocal band, modern dance. "Kami berusaha menyosialisasikan pada publik kegiatan sekolah yang dapat mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan para siswa Budi Utama," ujarnya.

Satrio berharap edufair ini bisa membantu para siswa untuk memahami ragam jurusan yang ada di perguruan tinggi sehingga mereka bisa memutuskan dengan bijaksana kemana akan melanjutkan pendidikannya. Meski baru pertama kalinya diadakan, edufair ini akan dikonsep sebagai acara tahunan yang diaelenggarakan tiap akhir masa studi.