Advertisement

Siklon Tropis Riley Pengaruhi Cuaca di DIY

Yogi Anugrah
Sabtu, 26 Januari 2019 - 12:57 WIB
Nina Atmasari
Siklon Tropis Riley Pengaruhi Cuaca di DIY Ilustrasi hujan. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia agar mewaspadai dampak munculnya Siklon Tropis Riley di Perairan Selatan Laut Timor.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati, Sleman Agus Sudaryatno mengungkapkan, siklon tropis Riley akan berpengaruh bagi cuaca di wilayah DIY.

Advertisement

"Ada dua hal pengaruh siklon tropis Riley bagi cuaca DIY, yang pertama
membentuk konvergensi [pertemuan angin] di wilayah Jawa sehingga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan tipe konvektif di wilayah Jawa, Oleh karena itu, hujan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di seluruh wilayah DIY," kata dia kepada Harianjogja.com, Sabtu (26/1/2019).

Lebih lanjut, yang kedua, ia mengatakan, aktifitas siklon tropis Riley juga mengakibatkan peningkatan angin di perairan selatan DIY hingga maksimum 40 km/jam yang menyebabkan peningkatan tinggi gelombang laut antara dua hingga empat meter.

"Diperkirakan dua pengaruh ini masih akan berdampak terhadap cuaca di DIY hingga 30 Januari," ucap dia.

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi genangan, banjir dan longsor yang bisa saja terjadi. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar tidak berlindung di bawah pohon. Sebab, angin kencang yang terjadi bisa saja merobohkan pohon maupun baliho.

"Masyarakat yang berada di pesisir pantai juga diimbau waspada ancaman gelombang tinggi," ucap dia.

Tidak hanya DIY, siklon tropis Riley ini juga akan berdampak terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, gelombang laut dengan ketinggian 4 - 7 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumba, Selat Bali- Selat Lombok - Selat Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Perairan Pulau Sawu, Laut Sawu, Perairan Kupang - Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur hingga Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement