Bulan Dana PMI Hasilkan Rp530 juta

Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
30 Januari 2019 20:00 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Perolehan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo pada 2018 yang ditargetkan sebesar Rp450 juta dapat terlampaui hingga mencapai Rp530 juta. Namun, jumlah ini belum bisa memenuhi kebutuhan operasional PMI.

“Untuk biaya operasional PMI tentu masih kurang. Apalagi kalau ada alat transfusi darah yang harus diganti karena sudah tidak layak atau rusak karena harganya sangat mahal. Tentu kebutuhan operasional PMI akan lebih besar lagi,” ungkap Ketua PMI Kulonprogo, Arif Prastowo, Rabu (30/1/2019).

Belum bisa terpenuhinya dana operasional tersebut lantaran penggunaan dana ini sebagian besar dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial, pertolongan pertama, pembinaan palang merah remaja di sekolah serta cadangan bantuan untuk korban bencana.

Agar dapat memenuhi kekurangan, rencananya PMI menaikkan target perolehan bulan dana pada 2019. Adapun, dia belum bisa memastikan berapa nominal kenaikan tersebut karena pelaksanaan bulan dana baru dimulai pada semester kedua tahun ini.