Advertisement

PDIP Bantul Siap Cegah Terjadinya Politik Uang

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Kamis, 07 Februari 2019 - 00:17 WIB
Sunartono
PDIP Bantul Siap Cegah Terjadinya Politik Uang Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - DPC PDIP Bantul siap membantu Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) guna mencegah money politic atau politik uang yang dirasa sering terjadi pada setiap penyelenggaraan Pemilu. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris DPC PDIP Bantul RS Kusbowo Prasetyo.

“Jadi kami siap membantu Bawaslu utuk mencegah praktek poilitik uang yang sering muncul di pemilu sebelumnya,” katanya kepada Harian Jogja pada Selasa (5/2).

Advertisement

Pada Pemilu tahun ini PDIP mengambil sikap bahwa yang mendapatkan sosialisasi tentang money politic tidak hanya partai-partai peserta pemilu, tetapi seluruh masyarakat juga harus memahami tentang money politic. Menurut Kusbowo jika sosialisai tersebut hanya diberikan kepada partai hal tersebut tidak memberikan dampak signifikan dan money politic tetap akan terjadi.

“Kami dan Bawaslu mempunyai pandangan yang sama, bahwa untuk mencegah money politic itu harus elemen yang diawasi dan diberikan sosialisasi. Kan sudah bukan rahasia umum lagi bahwa partai-partai yang sudah diperingatkan oleh Bawaslu tetap melakukan kecurangan [Money Politic],” ujarnya.

Ia juga menceritakan bahwa masih banyak partai yang sering menggandeng tokoh masyarakat guna melakukan money politic yang dibungkus dengan embel-embel ingin tahu aspirasi rakyat. Tindakan itu seringkali mengarah tidak sesuai dengan peraturan seperti memberikan materi tertentu kepada masyarakat.

“Kan masih banyak hal-hal kecil seperti itu [menjanjikan materi tertentu] yang belum terjangkau oleh Bawaslu, maka dari itu kami siap membantu Bawaslu untuk menanggulangi kecurangan-kecurangan yang sering terjadi dilapangan dengan cara memberikan pengertian kepada tim kami untuk menyebarluaskan kepada masyarakat bahwa money politic adalah hal salah,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement