Advertisement

Simulasi, Perusuh Lawan Aparat Keamanan di Alun-Alun Wates

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 07 Februari 2019 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Simulasi, Perusuh Lawan Aparat Keamanan di Alun-Alun Wates Sejumlah polisi dan tentara berpakaian preman tengah menendang barikade kepolisian dalam simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Alun-Alun Wates, Kecamatan Wates, Kamis (7/2/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Simulasi kerusuhan mewarnai gelar pasukan latihan pengamanan Pemilu 2019 di Alun-Alun Wates, Kecamatan Wates, Kamis (7/2/2019).

Dalam simulasi ini, puluhan polisi dan tentara berpakaian preman mencoba mengacaukan pemilu karena tidak terima dengan hasil perolehan suara.

Advertisement

Aksi saling dorong antara massa dan pasukan gabungan yang terdiri dari anggota kepolisian Polres Kulonprogo dan personil Kodim 0731/Kulonprogo pun pecah. Kericuhan reda setelah pasukan dapat memukul mundur massa.

Komandan Kodim 0731/Kulonprogo Letkol Inf Dodit Susanto mengatakan gelar pasukan ini merupakan rangkaian persiapan pengamanan pemilu yang telah dilangsungkan sejak 10 Januari lalu dan akan kembali dilanjutkan di kompleks Kodim pada Sabtu (9/2/2019) besok.

“Puncaknya di Korem 072 Pamungkas pada 10 Februari,” ungkapnya seusai gelar pasukan, kemarin. Dalam latihan ini belasan anggota Satpol PP, 75 personel Kodim, satu pleton Satradar 215 Congot serta 100 personel yang terdiri dari pasukan pengendali massa (Dalmas) dan penimbul situasi dari Polres Kulonprogo dilibatkan.

Sebanyak satu unit mobil water canon dan puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat juga dikerahkan untuk digunakan patroli saat pemilu berlangsung.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengungkapkan latihan bersama ini penting sebagai persiapan pengamanan guna menjaga kondusifitas selama pemilu berlangsung.

Selain pengamanan lewat latihan bersama, Hasto juga tengah mengupayakan antisipasi lain dengan mengajak calon legislatif ataupun partai politik peserta pemilu untuk duduk bareng menjalin komitmen pemilu damai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menguat Sinyal Megawati Mau Bertemu Prabowo Setelah Rakernas PDIP

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement