Advertisement

Ditjen Perbendaharaan DIY Gelar Sosialisasi Spending Review 2019

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 21 Februari 2019 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ditjen Perbendaharaan DIY Gelar Sosialisasi Spending Review 2019 Kepala Kantor Wilayah DJPb DIY, Heru Pudyo Nugroho menyampaikan sambutan dalam acara sosialisasi Spending Review 2019, Selasa (19/2/2019). - Harian Jogja/istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DIY menggelar sosialisasi Spending Review 2019, 19-20 Febrarui 2019.

“Konsep value for money adalah prinsip yang harus menjadi acuan oleh pengelola keuangan dalam pelaksanaan anggaran. Artinya satu rupiahpun uang rakyat wajib dikelola dengan baik dan harus memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat”, tegas Heru Pudyo Nugroho selaku Kepala Kanwil DJPb DIY dalam sambutan pembukanya, Selasa (19/2/2019).

Advertisement

Beberapa poin penting yang disampaikan adalah ajakan untuk bersama-sama membangun komitmen dalam perannya sebagai manager pengelola keuangan negara, baik dalam hal perencanaan maupun pelaksanaan anggaran, yang lebih baik dan profesional. Untuk itu, dituntut peran aktif satuan kerja mengimplementasikan konsep value for money dari aspek ekonomi, aspek efisiensi serta aspek efektifitas.

Spending Review dalam kerangka Monitoring Pelaksanaan Anggaran merupakan subsistem kegiatan Monitoring dan Evaluasi sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 195/PMK.05/2018 dan merupakan amanah dari PP 45/2013.

Dalam kerangka pembinaan tersebut Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY menyelenggarakan Sosialisasi Spending Review Tahun 2019 di ruang Aula Kantor Wilayah DJPbDIY, pada tanggal 19-20 Februari 2019. Acara dihadiri oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari 220 Satker lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY.

Sosialisasi Spending Review mengusung tema “APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan sumber daya manusia”, dengan expose hasil Spending Review 2019 dan Overview Tata Cara Revisi Tahun Anggaran 2019.

Pemaparan dan penjelasan tentang Spending Review disampaikan oleh Kepala Bidang PPA I Kanwil DJPb DIY selaku narasumber, sedangkan materi Overview tentang Tata Cara Revisi 2019 disampaikan oleh Treasury Management Representative (TMR) Kanwil DJPb DIY.

Heru menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut mengingat pentingnya kegiatan sosialisasi dalam rangka membangun komitmen satker mitra kerja melalui kegiatan Spending Review untuk mewujudkan belanja Negara yang efisien dan efektif. Keberhasilan pelaksanaan Spending Review akan dapat dilihat dari beberapa indikator, antara lain satker berhasil mengantisipasi dalam penyusunan dan perencanaan RKA-K/L dilihat dari belanja yang tepat dan berkualitas, sesuai sasaran dan output, dan menghndari hal-hal yang bersifat inefiiensi.

Dalam akhir sambutannya, Heru mengharapkan hasil pelaksanaan Sosialisasi Spending Review Tahun 2019 ini, dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan dalam hal perencanaan dan pelaksanaan anggaran di tahun 2019 ini, sehingga dapat semakin meningkatkan kualitas belanja pemerintah yang lebih baik dan berkualitas yang dapat dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat.

Sosialisasi Spending Review ditutup dengan sesi diskusi dipandu oleh moderator dan narasumber. Tema terkait pemberian konsumsi rapat menjadi topik hangat yang disampaikan peserta Sosialisasi. Seluruh peserta Sosialisasi sepaham untuk menindaklanjuti hasil Spending Review dengan melakukan refocussing alokasi yang terdapat inefisiensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement