Glaukoma Tak Kunjung Sembuh, Mbah Parmin Gantung Diri

Ilustrasi Bunuh Diri
22 Februari 2019 14:15 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Untuk kesekian kalinya kejadian gantung diri terjadi di Gunungkidul. Alasannya pun klise yakni lantaran sakit yang tak kunjung sembuh. Kali ini aksi nekat dilakukan Parmin Mitro Rejo, 70, warga Dusun Ngande Ande, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Mbah Parmin ditemukan gantung diri Kamis (21/2/2019) sekitar pukul 15.30 WIB. Ia gantung diri di sebuah pohon di halaman pekarangan rumahnya. Seorang tetangga bernama Sunasa saat melintas di depan rumah korban kaget melihat Mbah Parmin sudah meninggal dunia. Saat kejadian, istri korban tak ada di rumah.

Berdasarkan keterangan seorang saksi bernama Sugianto, selama lima bulan terakhir Parmin menderita penyakit glaukoma pada matanya. Hal itu diketahui setelah Parmin memeriksakan diri ke dokter. Lantaran penyakit ini pula, Mbah Parmin sering mengeluh.

Kapolsek Tepus, AKP Mustaqim, mengatakan saksi mata yang bernama Sunasa awalnya merasa ganjil melihat sesuatu yang menggantung di pohon. "Setelah dia dekati ternyata ada orang gantung diri, lalu dia melapor ke kepala dusun setempat dan diteruskan ke Polsek Tepus," kata dia, Jumat (22/2/2019).

Setelah menerima laporan aparat Polsek Tepus segera menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi dan memeriksa korban. Berdasarkan pemeriksaan tim medis, tidak ditemukan adanya bekas atau tanda penganiayaan. Polisi dan tim medis memastikan korban meninggal lantaran gantung diri.