Advertisement

3 Kecamatan Sepi Pendaftar Pengawas TPS

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 23 Februari 2019 - 12:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
3 Kecamatan Sepi Pendaftar Pengawas TPS Ilustrasi Pemilu 2019 - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sepinya peminat jadi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kecamatan membuat pendaftaran diperpanjang sampai Senin (25/2). Jadwal semula, pendaftaran pengawas TPS ditutup pada Kamis (21/2/2019).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo Ria Herlinawati menuturkan pendaftaran diperpanjang karena minimal dua pendaftar di masing-masing TPS belum terpenuhi. Sebanyak tiga kecamatan yang diperpanjang masa pendaftarannya yakni Sentolo, Kalibawang dan Galur.

Advertisement

Sampai batas waktu pendaftaran pada Kamis (21/2/2019), total sudah ada 2.357 pendaftar pengawas TPS ke Bawaslu Kulonprogo. “Di tiap TPS, minimal pendaftar berjumlah dua orang sementara total di Kulonprogo akan ada 1.258 TPS,” ungkapnya, Jumat (22/2/2019).

Koordinator Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia Data dan Informasi Bawaslu Kulonprogo Wagiman mengatakan setelah proses pendaftaran, Bawaslu akan menggelar seleksi lanjutan terlebih dahulu.

“Akan ada seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Dalam proses pembentukan pengawas TPS ini, masyarakat juga bisa memberikan masukan dan tanggapan terhadap calon anggota pengawas TPS. Pelantikan pengawas TPS akan dilaksanakan pada 25 Maret 2019,” paparnya.

Setelah melalui tahap seleksi tersebut, pengawas akan dipilih dan yang bertugas hanya satu orang saja sebagai pengawas TPS. Setelah pelantikan, Bawaslu beserta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada pengawas TPS tersebut.

“Harapannya pengawas TPS tidak hanya memiliki integritas tetapi juga mempunyai kredibilitas dan kemampuan yang baik untuk mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing TPS,” ungkap Wagiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement