Pemancing Asal Kecamatan Rongkop Hilang di Pantai Sedahan

Sejumlah anggota Tim SAR berupaya mencari Ridwan, pemancing asal Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, yang hilang di Pantai Sedahan, Senin (25/2/2019). - Istimewa/SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul
25 Februari 2019 14:15 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Seorang pemancing bernama Muhammad Anur Ridwanudin, 22, warga Dusun Purworejo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, dilaporkan hilang di kawasan Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Minggu (24/2/2019) malam. Hingga Senin (25/2/2019) siang, tim gabungan masih berupaya mencari korban.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I DIY, Sunu Handoko, mengatakan peristiwa hilangnya Ridwan bermula saat korban pamit kepada keluarga untuk memancing di Pantai Sedahan, Minggu siang. Namun hingga malam korban kunjung pulang ke rumah. Khawatir terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, keluarga menyusul ke lokasi pemancingan. “Saat tiba di Pantai Sedahan, keluarga korban menemukan motor yang biasa dikendarai korban. Dibantu petugas parkir keluarga korban berusaha mencari keberadaan Ridwan,” kata Sunu kepada wartawan, Senin.

Menurut dia, keluarga sudah mencari namun tidak berhasil menemukan korban. Untuk memastikan keberadaan Ridwan, keluarga pun melaporkan ke Tim SAR Satlinmas Wilayah I DIY. “Sudah dicari tetapi tidak ditemukan. Ada titik terang pada saat mencari di tebing Sodan yang berjarak satu kilometer dari area parkir Pantai Sedahan ditemukan tas dan peralatan memancing milik korban, tapi saat dipanggil-panggil Ridwan tak kunjung ditemukan,” ujarnya.

Sunu menuturkan berbekal laporan itu, Tim SAR langsung mencari di sekitar lokasi. Pencarian dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menyisir kawasan tebing di Pantai Sedahan, dan kedua dengan operasi pencairan melalui laut. “Untuk pencarian kami melibatkan petugas dari Polsek Girisubo. Untuk tim darat kami menerjunkan 15 orang personel, dan tim laut menurunkan satu perahu jongkong dengan empat orang personel,” katanya.

Dikatakan Sunu, operasian pencarian masih difokuskan di wilayah Tebing Sodan karena menjadi titik terang hilangnya korban. Namun demikian, hingga Senin siang keberadaan korban belum ditemukan. “Kami masih berusaha untuk mencari,” katanya.

Kapolsek Girisubo, AKP Mursidiyanto, menyatakan jajarannya masih mencari korban di sekitar Pantai Sedahan. “Masih belum ada hasil dan pencarian masing berlangsung,” katanya.

Mursidiyanto belum bisa memastikan keberadaan korban karena masih dalam pencarian. “Masih diselediki dan mudah-mudahan korban segera ditemukan,” katanya.