Advertisement

Pantai Krakal Punya Tempat Parkir Baru, Pedagang Segera Ditata

Rahmat Jiwandono
Minggu, 24 Februari 2019 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pantai Krakal Punya Tempat Parkir Baru, Pedagang Segera Ditata Pantai Krakal, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pantai Krakal yang terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, bakal memiliki tempat parkir baru yang representatif. Sebelumnya pada 2018 yang Pemkab Gunungkidul mulai menata Pantai Krakal dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp4,7 miliar. Anggaran itu digunakan untuk membangun tempat ibadah dan penataan pedagang.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanta, menuturkan penataan Pantai Krakal diteruskan menurut pemilahan sumber dana. Ia menjelaskan DAK bidang pariwisata yang diusulkannya sejumlah Rp40 miliar. "Kami mengusulkan bantuan anggaran ke Kementerian Pariwisata [Kemenpar] Rp40 miliar tetapi tahun ini dana yang turun Rp6,5 miliar," ujarnya, Minggu (24/2/2019).

Advertisement

Dikatakan Sri, usulan bantuan anggaran Kemenpar sebesar Rp40 miliar tidak bisa digelontorkan begitu saja dalam satu tahun anggaran. Pasalnya, penyerahan dana harus dilakukan secara bertahap. "Kami mengikuti prosedurnya, yang penting DAK fokus pada satu lokasi," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan pembuatan tempat parkir baru di Pantai Krakal merupakan bagian dari unsur pariwisata yaitu amenitas. Pembuatan tempat parkir sudah masuk dalam detail engineering design (DED). "Pembangunan tempat parkir sangat dibutuhkan agar Pantai Krakal terlihat lebih rapi," kata dia kepada Harian Jogja, Minggu.

Dia berharap setelah tempat parkir mulai difungsikan, tidak ada lagi kendaraan pengunjung yang parkir di pinggir pantai. "Di pinggir pantai bakal dibangun jalur pedestrian untuk wisatawan," kata Harry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement