Musik Malam #2 Musik Asik Fasilitasi Kreativitas Musisi Muda

Seniman muda yang hadir memeriahkan pergelaran Musik Malam2 Musik Asik, di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Selasa (26/2/2019) malam. - Istimewa
27 Februari 2019 20:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Musik Malam kembali digelar oleh Taman Budaya Yogyakarta, Selasa (26/2/2019). Musik Malam menunjukkan komitmen TBY mewadahi para musisi Jogja untuk berkarya dengan lebih baik.

Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Seni Budaya TBY, Siswati mengatakan Musik Malam bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya dan memberikan ruang berekspresi bagi masyarakat, khususnya para pelaku seni musik, lebih khususnya anak-anak muda.

Menurut Siswati, selama ini ruang untuk mereka berekspresi masih sangat kurang. Siswati bersyukur, kegiatan yang digulirkan sejak 2017 itu mendapat sambutan sangat positif dari para pelaku seni musik, khususnya yang selama ini berkarya dan tampil di Jogja.

"Kalau Musik Malam juga bisa menjadi salah satu penopang pariwisata di DIY, khususnya wisata malam, maka patut kami syukuri. Sering juga kami temui wisatawan asing yang ikut menonton acara pentas Musik malam," kata dia, Rabu (27/2/2019).

Penyelenggara acara, kata dia, berupaya agar semua jenis aliran musik bisa mendapatkan porsi untuk tampil. Tentu saja karena prinsip keadilan. Masing-masing jenis aliran musik, tentu memiliki penggemar masing-masing dan ada komunitas. "Semua harus kami beri ruang. Karena di Jogja ini hampir semua genre musik tumbuh dengan baik," ucapnya.

Siswati berharap acara Musik Malam bisa terus berlanjut. Pasalnya, menurut dia, event tersebut sudah tercatat di kalangan musisi dan penggemarnya di Jogja.

Panitia Musik Malam, Lawung Panji menjelaskan kelompok musik yang tampil berasal dari beragam jenis aliran musik. Sejumlah kelompok musik yang tampil antara lain Orkes Sehatjiwa, Guyub Rukun, Sakes Plus, Irta n Friends.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tema Musik Malam dan kelompok musik yang akan tampil ditentukan oleh kurator,” ucap dia.