Olifant Apresiasi Anak Didik

Siswa Olifant Preschool menerima apresiasi berdasarkan keterampilan dan kelebihan masing-masing belum lama ini./ Ist. - Olifant Preschool
28 Februari 2019 06:31 WIB Mediani Dyah Natalia Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Olifant Preschool mengapresiasi setiap anak dengan kelebihan dan keterampilan masing-masing. Upaya ini diberikan untuk memotivasi siswa agar dapat mengasah kemampuan dan keterampilannya. 

Academic Vice Principle of PS Olifant Kinanti Paramesti mengatakan beberapa anak mungkin memiliki kemampuan akademik yang luar biasa atau keterampilan olah raga yang sangat baik dan mungkin ada pula yang memiliki pencapaian besar untuk kemampuannya dalam bersosialisasi. “Di Olifant Preschool, kami ingin mengapresiasi anak-anak yang memiliki kemampuan luar biasa di beberapa bidang tersebut. Harapan kami, anak-anak Olifant Preschool semakin termotivasi untuk mengasah dan  menunjukkan kemampuannya,” katanya dalam rilis, Rabu (27/2). 

Pola apresiasi ini, kata dia, telah diterapkan di Olifant Elementary selama beberapa tahun ini melalui program Student Achievement. Di tingkat preschool, program ini masih terbilang anyar. “Setiap apresiasi yang diberikan kepada anak, masing-masing memiliki indikator penentu dan melihat dari konsistensi pencapaian anak di dalam rapor,” ujarnya. 

Beberapa kategori apresiasi yang diberikan seperti Best Manners untuk anak yang sangat kooperatif dan konsisten mengikuti kesepakatan di kelas. Bahkan bisa menjadi contoh untuk temannya. Ada pula apresiasi Fantastic Friend untuk anak yang memiliki keterampilan bersosialisasi yang sangat baik.

Di bidang akademik, ada apresiasi Super Scientist dan Most Creative Thinker untuk anak menunjukkan kemampuan luar biasa dalam memahami ilmu pengetahuan dan dalam pengembangan kreativitasnya. 

Spectacular Speaker merupakan apresiasi untuk anak yang memiliki kemampuan bahasa yang sangat baik. Misalnya memiliki kepercayaan diri dan kemampuan menyusun kata yang sangat baik. Sedangkan Picture Wizard merupakan apresiasi untuk anak-anak yang selalu berhasil menceritakan ulang gambar, cerita ataupun isi buku dengan sangat runtut. 

Selain apresiasi-apresiasi di atas, ada beberapa apresiasi lain bagi anak yang memiliki keterampilan sangat baik dibidang olah tubuh, motorik halus dan lain sebagainya. “Apresiasi tidak selalu tentang pencapaian akademik atau olahraga, tetapi kemampuan bersosialisasi, kemampuan untuk mempraktikkan budi pekerti dengan konsisten juga perlu kami apresiasi. Semoga anak-anak semakin semangat untuk menjadi diri yang terbaik, dalam setiap bidang,” katanya.