Advertisement

Pemkab Kulonprogo Targetkan Aplikasi si Maya Ditarget Rampung Mei 2019

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 02 Maret 2019 - 08:17 WIB
Sunartono
Pemkab Kulonprogo Targetkan Aplikasi si Maya Ditarget Rampung Mei 2019 Ilustrasi internet - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, menargetkan aplikasi sistem informasi administrasi perkantoran maya atau disebut si Maya bisa ditampung maksimal Mei mendatang. Aplikasi ini memungkinkan kegiatan perkantoran ihwal khusus surat menyurat yang semula konvensional beralih ke digital.

Sekretaris Diskominfo Kulonprogo, Heri Darmawan mengatakan aplikasi ini harus segera tuntas. Jangan sampai terlalu lama. Dimungkinkan bisa digunakan pada April atau Mei 2019 mendatang. "Karena aplikasi selalu ditanyakan oleh Bupati, wakil dan OPD. Nantinya aplikasi ini menjadi bagian penilaian kinerja OPD," ujarnya di sela-sela simulasi aplikasi persuratan elektronik siMAYA, di ruang rapat Binangun IV Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (28/2/2019).

Advertisement

Dikatakan Hari, penerapan aplikasi ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) no 6 tahun 2011 tentang pedoman umum Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dan Peraturan Bupati (Perbup) No.87/2013 Pedoman Tata Naskah Dinas Elektronik Pada Pemerintah Daerah.

Untuk tahap awal penerapan aplikasi tersebut, Heri meminta agar karyawan di instansinya harus memahami betul si MAYA sehingga bisa menjadi agen perubahan, yakni agen rujukan pertanyaan bagi seluruh pegawai di Pemkab Kulonprogo.

Menurutnya, dengan siMAYA ini bisa mengurangi konsumsi kertas, karena aplikasi tersebut memungkinkan segala aktivitas perkantoran ihwal khusus surat menyurat dapat digunakan dengan cara digital. Hal ini bisa terwujud karena siMAYA terhubung dengan jaringan internet dan bisa diakses oleh semua pengguna dengan cakupan sistem komunikasi eksternal, dan internal, sehingga dalam pembuatan surat yang nantinya dilengkapi alur kerja untuk surat masuk, disposisi dan surat keluar bisa lewat aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa digunakan di gawai masing-masing pegawai.

"Hanya saya mengubah kebiasaan itu tidak mudah, surat menyurat tidak asing dan selalu bergulat dengan kertas, maka kita uji coba siMAYA agar penggunaan kertas dapat diminimalisir," katanya.

Melihat pentingnya siMAYA, Diskominfo gencar memberikan sosialisasi kepada pegawai lintas OPD. Menurut Kepala Bidang Aplikasi Teknologi Informatika Diskominfo Kulonprogo, Sutarman, sosialisasi dilakukan sebagai langkah pemantapan sarana dan prasarana pendukung agar dapat mempermudah serta mempercepat sistem keluar masuk surat di lingkungan pemerintahan.

Karena itu, sebelum penggunaan aplikasi siMAYA, seluruh OPD perlu mendapat pendampingan dan sosialisasi. Agar pada saat penerapan tidak terjadi kendala yang dapat menggangu proses, sehingga rencana e-Government di Kulonprogo benar-benar terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement