Advertisement

Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Akan Digelar di Bantul

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Jum'at, 08 Maret 2019 - 07:17 WIB
Sunartono
Simulasi Nasional Pemungutan dan Penghitungan Suara Akan Digelar di Bantul Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kabupaten Bantul terpilih menjadi tuan rumah simulasi pemungutan serta perhitungan suara yang akan dilakukan pada Sabtu (9/3/2019) yang akan datang. Sebelumnya simulasi ini sudah dilakulakan di Banten dan Jawa Barat.

Simulasi ketiga ini akan berlangsung di Goa selarong pada pukul 07.00 WIB dan akan diikuti oleh 290 peserta dan juga akan dihadiri oleh seluruh komisioner. “Dalam simulasi ketiga ini kita akan menerapkan PKPU e yaitu tentang pemungutan serta perhitungan suara di Pemilu,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bantul, Joko Santosa Selasa (5/3/2019).

Advertisement

Selain itu Joko mengatakan pihaknya memutuskan simulasi tersebut akan berlangsung di Goa Selarong lantaran di TPS terdapat DPT, DPTB dan juga beberapa pemilih penyandang disabilitas. “Kami laksanakan disitu karena TPS-nya kan sudah ramah difabel, kebetulan disana juga ada dua pemilih dari kalangan penyandang disabiitas,” tambah Joko.

Untuk surat suara yang digunakan pada simulasi ini adalah surat suara spesimen atau bukan suat suara asli yang akan digunakan pada Pemilu di April mendatang. Pihak KPU Kabupaten Bantul juga telah menyiapkan petugas PPK dan PPS Pajangan kemudian PPK di 17 kecamatan lengkap saksi untuk simulasi tersebut.

Sedangkan Bawaslu Kabupaten Bantul siap menjadi saksi dan pemantau selain Bawaslu juga menyiapkan pengawas TPS untuk melancarkan jalannya simulasi. “Kami siap untuk jadi pemantau serta saksi dalam simulasi kali ini, kami juga sudah menyiapkan pengawas TPS buat Sabtu besok sama kita juga sudah lakukan Bimtek kepada yang menjadi saksi,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul, Harlina.

Ia berharap dengan adanya simulasi kali ini mampu menigkatkan kapasitas SDM penyelenggara Pemilu dalam pelaksanaan pemungutan suara, sehingga pada hari H Pemilu pada April mendatang proses pemungutan suara berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement