Advertisement

Puluhan Foto Karya Wartawan Dipamerkan di Wulenpari

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 08 Maret 2019 - 05:17 WIB
Sunartono
Puluhan Foto Karya Wartawan Dipamerkan  di Wulenpari Warga Desa Beji melakukan sarasehan sebelum pembukaan pameran foto, Selasa (5/3/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sebanyak 35 foto hasil jepretan para pewarta dengan dipamerkan di Wulenpari, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Gunungkidul Selasa (5/3/2019). Pameran foto jurnalistik yang berlangsung hingga Kamis (7/3/2019) ini mengangkat tema Dol Tinuku.

Ketua Panitia Dol Tinuku, Reza Marzuki mengatakan, kegiatan itu sekaligus untuk memperingati Hari Pers Nasional. Puluhan foto itu adalah karya dari delapan orang wartawan.

Advertisement

"Delapan orang yang mengirimkan fotonya adalah fotografer dari sebuah media atau wartawan tulis," ujar Reza, Selasa (5/3/2019)

Lebih lanjut dia menjelaskan, tema dol tinuku ingin menyampaikan pesan saat ini banyak media yang sudah dikapitalisasi. Semua karya yang dipamerkan merupakan berbagai aktivitas jual beli yang diliput oleh pewarta di wilayah DIY.

Uniknya pada pameran kali ini, foto-foto diletakkan tidak menggunakan pigura. Pigura diganti dengan sebuah anyaman dari bambu yang bentuknya menyerupai pigura.  "Kenapa bambu karena biar lebih dekat dengan nuansa pedesaan," imbuhnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jogja, Sihono menuturkan, wartawan sebaiknya dalam membuat karya jurnalistik mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. "Masih banyak wartawan yang hasil liputannya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat," katanya.

Menurutnya, pada tahun politik ini, pers harus berpegang pada idealisme. Sejatinya keberadaan pers untuk kepentingan masyarakat. "Terutamanya bukan untuk kepentingan pemilik modal, kepentingan politikus maupun kepentingan wartawan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement