Gandeng Eross Chandra, Penyanyi Ini Diiringi Orkestra Gamelan

Penampilan musisi Indonesia, Riki Putra bersama Eross Sheila on 7 dalam konser bertajuk Gamrockestra yang memadukan musik cadas, gamelan dan orkestra, di Concert Hall, kompleks TBY, Selasa (12/3/2019) malam. - Harian Jogja/Uli Febriarni
13 Maret 2019 15:47 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Musisi muda Indonesia kelahiran Balikpapan, Riki Putra kembali menggelar konser di Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Selasa (12/3/2019) malam. Dalam konser bertajuk Gamrochestra itu, Riki berduet bersama idolanya, gitaris grup band Sheila on 7, Eross Chandra.

Uniknya, konser tersebut, Riki memadukan musik rock dengan nada-nada gamelan. Riki menjelaskan alasan dia memilih gamelan sebagai alat musik yang ia padukan dengan musik cadas, karena memiliki kekhasan.

Setiap jenis alat musik, punya range yang bisa dicapai ketika mereka dimainkan, dapat dijabarkan. Namun, tidak demikian dengan gamelan. "Kalau gamelan ini, aku bingung. Kenapa ketika dimainkan, bunyinya bisa seperti itu? Bahkan, gamelan memberikan sebuah aura mistis gitu dan itu menurut saya fantastis. Dunia perlu tahu Indonesia punya gamelan," kata pemilik nama lengkap Andika Rizqie Putratama itu.

Berada di atas panggung berlatar belakang sampul album Gamelan Rules, Riki tampil bersama orkestra bentukannya sendiri, Bhinneka Orchestra, dan lagi-lagi memberikan kepercayaan kepada Addie MS sebagai konduktornya, bersama Yayan sebagai concert master.

Barisan personel pemain gamelan tampil di atas panggung lengkap dengan surjan dan blangkon, Di beberapa lagu, mereka bukan sekadar bermain gamelan, melainkan juga menabuh rebana. Satu kejutan yang dihadirkan.

Riki mengaku tak mudah mempromosikan gamelan, karena gamelan memiliki skala dan karakternya sendiri. Selain itu, perlu kreativitas sendiri dalam mengolaborasikan gamelan dengan jenis musik lain, namun orang Indonesia adalah orang kreatif yang tentu tak akan kehabisan akal dalam melakukannya.

Dalam konser tersebut, Riki menyapa penonton dengan sejumlah lagu yang tak asing lagi, bahkan ketika Riki menyanyikan lagu tersebut, tak jarang sejumlah penonton ikut menyanyikan lagu tersebut dari atas kursi masing-masing.

Lagu-lagu itu di antaranya Love of My Live dan Somebody to Love milik Queen, serta In the End karya dari Linkin Park. Riki menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan segenap kemampuan range suara yang ia miliki.

Termasuk unjuk kemampuan bermain gitar. Ikut hadir di antara bangku penonton, Duta Sheila on 7 dan istrinya, Adelia Lontoh, serta istri Eross Chandra, Sarah Chandra beserta putranya.

Seusai menyanyikan lagu karyanya, Java Dance, Riki mendapuk Eross Chandra sebagai teman duet Riki di atas panggung menyanyikan lagu Melompat Lebih Tinggi milik Sheila on 7. "Bagaimanapun Sheila [on 7] memberikan saya kesempatan untuk belajar, dan Eross ternyata mau saya ajak main bareng. Saya katakan kepada teman-teman, hati-hati dengan mimpimu, karena mimpi bisa menjadi nyata, seperti yang saya alami sekarang ini," ucap lelaki yang tahun ini genap 27 tahun tersebut.

Menanggapinya, Eross juga menyampaikan terima kasih kepada Riki telah diajak bergabung dan bermain bersama personel orkestra. "Saya kangen bermain bersama orkestra. Terima kasih atas kesempatannya," ujar dia.