Menpora Dijadwalkan Hadir di Partai Final Liga Pelajar Gunungkidul

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam jumpa pers di Kantor Kementrian Pemuda dan Olagraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Selasa (25/9/2018). - Suara.com/Arief Apriadi
14 Maret 2019 22:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Partai final Liga Pelajar Gunungkidul (Lipeg) 2019 bakal digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Handayani, Senin (18/3/2019). Rencananya di partai puncak ini Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bakal hadir.

Ketua Panitia Lipeg 2019, Heri Santosa, mengatakan kompetisi sepak bola antarpelajar se-Gunungkidul sudah memasuki babak semifinal yang digelar pada Jumat (15/3/2019). Secara umum penyelenggaraan Lipeg 2019 berjalan dengan lancar karena kompetisi dapat berjalan dengan baik.

Menurut dia, di partai puncak Menpora Imam Nahrawi dijadwalkan hadir. Kehadiran menteri yang membidangi pemuda dan olahraga diharapkan memberikan semangat kepada para peserta untuk menunjukan sikap sportivitas hingga bakat yang dimiliki dalam olahraga sepak bola. “Sudah pasti datang karena sudah ada konfirmasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Heri kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Dia menjelaskan ada perubahan jadwal untuk parta final yang seharusnya digelar Minggu (17/3) diundur menjadi Senin (18/3). Pengunduran dilakukan karena menyesuaikan jadwal dan agenda Menpora. “Partai final kami undur sehari,” katanya.

Dikatakan Heri, penyelenggaraan Lipeg 2019 memasuki tahun kelima. Rencananya liga antarpelajar ini akan terus diagendakan di Gunungkidul. Pertimbangan untuk terus menggelar Lipeg bukan semata-mata untuk memberikan kegiatan positif bagi pelajar, tetapi juga sebagai sarana mencari bibit unggul dari cabang sepak bola. “Penyelanggaraan tahun ini juga sebagai sosialisasi kampanye damai karena pelaksanaannya hampir berdekatan dengan Pemilu 2019,” katanya.

Sekretaris Lipeg 2019, Erwin Hidayat, menambahkan partai semifinal mempertemukan SMA Negeri 2 Playen melawan SMK Negeri 2 Wonosari dan SMA Negeri Tanjungsari menantang SMK Negeri 1 Girisubo. Keempat sekolah ini akan memperebutkan dua tiket partai final Lipeg 2019. “Semifinal akan digelar Jumat di GOR Handayani mulai pukul 13.00 WIB,” kata Erwin.

Dia menjelaskan, di partai puncak selain memperebutkan gelar juara juga akan dipilih pemain terbaik hingga suporter paling kreatif selama penyelengaraan liga berlangsung. “Di puncak acara juga akan digelar tari gambyong massal yang berasal dari pelajar di Gunungkidul,” katanya.