Penerima Beasiswa Diberi Pelatihan Menulis dan Cara Berkomunikasi

Penulis Roro Ajeng Sekar Arum memberikan pelatihan leadership development kepada penerima beasiswa di Sleman, Kamis (14/3/2019). Program beasiswa yang di inisiasi oleh bakti pendidikan Djarum foundation bertujuan untuk membuat generasi muda berkarakter kepemimpinan dan kecerdasan emosional yang kuat demi membangun Indonesia di masa mendatang. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.
15 Maret 2019 13:27 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari Djarum Foundation diberikan pelatihan untuk memberikan bekal kepemimpinan mereka di Hotel Eastparc Yogyakarta, Kamis (14/3/2019). Para mahasiswa tersebut diberikan materi tentang menyampaikan pendapat melalui tulisan dan cara berkomunikasi dengan baik.

Dalam kegiatan selama tiga hari itu materi lebih diarahkan untuk menjawab berbagai tantangan zaman. Terutama dilatih menjadi sosok pemimpin dengan visi kuat dengan membangun pemahaman bahwa visi adalah deskripsi tentang perubahan masa depan yang lebih baik.

“Materi ini merupakan dasar untuk membentuk pola pikir Beswan Djarum terhadap hal positif yang ingin mereka lakukan. Dengan visi yang kuat diharapkan tidak kehilangan arah dan memiliki tujuan pasti,” terang Felicia Hanitio Pemateri Pelatihan dari Djarum Foundation dalam rilisnya, Kamis (14/3/2019).

Penulis Roro Ajeng Sekar Arum yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan itu mengatakan, mahasiswa penerima beasiswa Djarum dibekali dengan critical writing dan effective oral communications. Poin utama critical writing adalah mempelajari cara menyampaikan ide maupun argumentasi secara efektif melalui tulisan. Selain itu cara menyusun alasan dan bukti yang jelas untuk mendukung argumentasi tersebut.

“Dengan materi ini generasi muda bisa belajar dan membangun kepekaan untuk mengolah berbagai informasi yang ada di sekitarnya. Di zaman yang menawarkan berbagai kemudahan informasi kami merasa ini bisa menjadi filter untuk mengokohkan cara sebagai pemimpin dalam menanggapi isu atau suatu permasalahan,” katanya.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad berkeyakinan untuk mencetak manusia Indonesia yang tangguh dan berwawasan tinggi, tidak hanya dari aspek intelektual saja. Namun juga harus diberikan bekal softskill yang akan melatih pemuda menjadi sosok yang cakap secara emosional.

“Karena itu program ini memberikan beragam pelatihan ketrampilan, salah satunya pengembangan kepemimpinan,” ucapnya.