Advertisement

KPU Gunungkidul Terima Surat Suara untuk DPR RI

David Kurniawan
Jum'at, 15 Maret 2019 - 20:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
KPU Gunungkidul Terima Surat Suara untuk DPR RI Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, menunjukan ribuan kardus berisi surat suara DPR RI di gudang milik KPU di Jalan Ring Road Utara, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Jumat (15/32019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mulai menerima kiriman surat suara untuk Pemilu 2019. Namun demikian belum semua surat suara dikirim karena pengiriman baru sebatas kertas suara untuk DPR RI. Rencananya surat suara yang lain dikirim pada Rabu (20/3/2019).

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho, mengatakan pengiriman surat suara untuk DPR RI sudah dikirim pada Kamis (14/3/2019) sore. Surat suara yang dikirim sebanyak 1.237 kotak dengan rinciannya sebanyak 1.236 kotak masing-masing berisi 500 lembar surat suara dan satu kardus lainnya hanya berisi 12 lembar surat suara. “Untuk surat suara disesuaikan dengan jumlah DPT yang ditetapkan. Untuk berjaga-jaga ada cadangan sebanyak dua persen dari DPT,” kata Andang kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).

Advertisement

Ribuan kotak surat suara itu disimpan di gudang KPU Gunungkidul di Jalan Ring Road Utara, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari. Hingga saat ini KPU Gunungkidul masih menunggu pengiriman surat suara untuk pemilihan presiden, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI. “Surat suara lainnya dikirim 20 Maret mendatang,” katanya.

Rencananya KPU mulai menyortir dan melipat surat suara pada Selasa (19/3). Untuk pelipatan KPU bakal menerjunkan sekitar 250 tenaga.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan sebelum pelipatan suara jajarannya mengkaji kebutuhan tenaga pelipat. Berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014, kebutuhan tenaga pelipat surat suara mencapai 250 orang. “Dengan jumlah tenaga sebanyak 250 orang maka pelipatan bisa selesai tepat waktu sehingga tidak mengganggu jalannya pemilu,” kata Hani.

Dia menjelaskan untuk kebutuhan logistik Pemilu 2019, KPU Gunungkidul tinggal menunggu kekurangan surat suara. Untuk formulir, alat pencoblos, tinta hingga kotak dan bilik suara sudah tersedia. Bahkan kotak suara sudah selesai dirangkai dan sekarang disimpan di gudang penyimpanan di gedung bekas Pengadilan Agama Gunungkidul. “kami sudah pinjam tempat ke Pemkab sehingga gedung bisa digunakan untuk menyimpan kebutuhan logistik pemilu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement