Dinas Pariwisata Bantul Award 2019 Berlangsung Di Rumah Budaya Tembi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyerahkan hadiah kepada juara satu, dua dan tiga lomba foto destinasi wisata dalam acara Dinas Pariwisata Award 2019. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
24 Maret 2019 04:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul menggelar acara Dinas Pariwisata Bantul Award 2019 untuk pemenang lomba fotografi destinasi wisata. Kegiatan ini dilakukan di Tembi Rumah Budaya, Sabtu (23/3/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan lomba ini diikuti oleh 189 peserta dan 788 karya dengan tema destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul.

“Selain untuk mewadahi foto-foto wisata di Bantul acara ini juga menjadi aja promosi bagi kita untuk memperkenalkan daerah wisata di Bantul yang masih jarang dikunjungi oleh masyarakat,” kata Kwintarto.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya ingin memperbarui kembali foto-foto destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul. “Kami sudah lama sekali tidak mengadakan lomba foto, sangat dimungkinkan foto yang ada dibrosur-brosur kami adalah foto lama yang mungkin kondisinya sudah berbeda dari brosur. Sedangkan pengunjung berhak mendapatkan informasi terbaru tentang destinasi wisata tersebut,” tambahnya.

Dalam lomba tersebut sudah dipilih 25 foto yang terbagi menjadi 19 foto juara favorit, tiga foto juara harapan serta tiga juara utama. Para pemenang mendapatkan penghargaan berbentuk uang pembinaan serta piagam dari Dinpar Kabupaten Bantul.

Untuk syarat lomba yang harus sendiri adalah foto-foto yang berlokasi di Bantul, waktu pengambilan foto paling adalah 1 Juni 2018 hingga 15 Maret 2019. “Untuk lebih spesifiknya kita mencari foto yang benar-benar asli dan tanpa editan yang terlalu banyak, nanti 25 foto itu akan dipakai sebagai media promosi kita untuk masyarakat,” kata anggota Bidang Promosi dan Pelayanan Informasi Dinpar Bantul, Ipung, sekaligus  juri dalam perlombaan tersebut.

Selain itu Ipung menyampaikan bahwa yang mendapatkan juara satu hingga tiga adalah foto destinasi wisata Jurang Pulosari Sendangsari, Puncak Sosok Pleret serta Karst Tubing Sedayu. “Jadi itu yang foto destinasinya yang menjadi juara satu sampai tuga, untuk fotografernya sendiri saya tidak hafal namanya,” kata Ipung.