Advertisement

Jokowi Tak Ingin Terjebak dalam Pembangunan "Made in Kampret"

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Tak Ingin Terjebak dalam Pembangunan Presiden Joko Widodo di Banten. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Di depan pendukungnya, Capres 01 Jokowi sempat lupa mengenalkan program barunya yang akan dilakukan lima tahun ke depan. Yakni program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk Kuliah.

Menurutnya, kartu tersebut dikeluarkan untuk menjamin agar anak-anak Indonesia bisa melanjutkan pendidikannya sampai bangku kuliah, baik perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri. Alasannya, arah pembangunan Indonesia pada lima tahun ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia.

Advertisement

Saat itu, Jokowi sempat memplesetkan statemen pembangunan "middle income trap" menjadi "Made in Kampret". Di dunia netizens, kata kampret merujuk pada kelompok pendukung pasangan Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi.

"Kita tidak ingin terjebak pada pembangunan middle income trap, negara dengan pendapatan menengah. Kita tidak ingin seperti itu. Kita harus memperbaiki infrastruktur kita, memperbaiki SDM agar bisa masuk ke level negara maju," katanya.

Namun Jokowi mengingatkan jika tidak mudah untuk keluar dari negara menengah menjadi negara maju. Sebab, lanjutnya, ada sejumlah tantangan yang berat yang perlu diatasi. Pertama pembangunan infrastruktur, kedua pembangunan SDM dan ketiga, reformasi struktural institusi di lembaga-lembaga di Indonesia.

"Kalau ini dilakukan negara kita akan melompat menjadi negara maju dengan pendapatan yang tinggi. Kuncinya ada di situ. Saudara-saudara sanggup mendukung itu?," Kata Jokowi.

Jokowi mengaku sangat menghargai pertemuan diterik panasnya matahari. Dia juga menghargai dukungan dari Jogja untuk dirinya. Dia berharap dukungan tersebut bisa memberikan dukungan suara yang signifikan pada Pemilu 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement